Mardianingrum, Yunita (2011) Penerapan metode demonstrasi untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas IV SDN Purwantoro 8 Malang / Yunita Mardianingrum. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Matematika SD Metode demonstrasi Operasi hitung bilangan bulat Hasil observasi awal yang dilakukan peneliti di SDN Purwantoro 8 Malang diketahui bahwa dalam pembelajaran Matematika materi Operasi bilangan bulat guru menggunakan metode ceramah dan menggunakan satu media pembelajaran berupa gambar garis bilangan dimana guru langsung memberi tahu tentang bagaimana cara menghitung menggunakan garis bilangan tersebut. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan metode demonstrasi dalam pembelajaran matematika pada siswa kelas IV mendeskripsikan peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas IV mendeskripsikan peningkatan keaktivan siswa kelas IV saat berlangsungnya pembelajaran matematika menggunakan matode demonstrasi pada siswa kelas IV SDN Purwantoro 8. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK). Langkah PTK ini meliputi 2 siklus masing-masing siklus dilaksanakan dalam 3 hari dan 2 hari. Siklus tindakan pembelajaran dihentikan jika telah mencapai kriteria ketuntasan sebesar 75% dari jumlah keseluruhan subyek penelitian dengan rata-rata skor minimal 75. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Purwantoro 8 Kecamatan Blimbing Kota Malang yang berjumlah 36 anak. Pada penelitian ini menggunakan alat pengumpulan data berupa lembar Observasi ( pengamatan ) untuk mengamati kegiatan siswa catatan lapangan LKS studi dokumentasi dengan hasil tes dan foto-foto pada saat pembelajaran serta lembar evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan (a) Pelaksanaan pembelajaran demonstrasi pada siklus I masih banyak kekurangan yaitu ada beberapa siswa yang belum paham cara kerja metode demonstrasi menggunakan media wayang-wayangan. (b) Metode demonstrasi dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep operasi hitung bilangan bulat dari skor rata-rata prates 58 89 menjadi 67 14 pada siklus I dan pada siklus II menjadi 80 28 (c) Metode pembelajaran demonstrasi dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam belajar. Jumlah siswa yang konsentrasi dalam belajar meningkat dari 56 11% pada siklus I menjadi 68 33% pada siklus II. Kerjasama siswa dari 56 67% pada siklus I meningkat menjadi 65 56% pada siklus II. Keberanian siswa dalam bertanya ataupun berpendapat juga mengalami peningkatan dari 58 89% pada siklus I menjadi 66 11% pada siklus II. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa pertama pembelajaran dengan metode demonstrasi dapat dilaksanakan dengan baik untuk mengajarkan tentang konsep operasi hitung bilangan bulat. Yang kedua penggunaaan metode demonstrasi dapat meningkatkan pemahaman siswa tentang operasi hitung bilangan bulat pada siswa kelas IV di SDN Purwantoro 8 dan ketiga adalah dampak penggunaan metode demonstrasi dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan konsentrasi kerjasama keberanian bertanya dan berpendapat siswa dalam belajar.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 11 May 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/103481 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |