Maula, Qurrotu Inayatil (2017) Oral retelling technique as reading comprehension enhancement for tenth graders' of SMA Brawijaya Smart School / Qurrotu Inayatil Maula. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Maula Qurrotu Inayatil. 2017. Oral Retelling Technique untuk Meningkatkan Pemahaman Membaca Siswa Kelas X SMA Brawijaya Smart School. Skripsi Jurusan Bahasa Inggris Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Utari Praba Astuti M.A. (II) Dra. Siti Nurul Muthmainnah M.A. Kata Kunci pemahaman membaca oral retelling technique prompt for retelling rubric rubrik menceritakan kembali Tujuan utama dalam membaca adalah untuk memahami teks yang sedang dibaca sehingga pembaca dapat mengetahui beberapa informasi dari teks tersebut. Akan tetapi mayoritas siswa kelas X- 2 SMA Brawijaya Smart School mengalami kesulitan dalam memahami sebuah teks bacaan berbahasa Inggris karena mereka kesulitan dalam menentukan ide pokok dari setiap paragraf dan struktur teks dari bacaan yang mereka baca dan mereka tidak memiliki kosa kata yang cukup. Oleh karena itu oral retelling technique dipilih karena dapat membantu siswa membangun pemahaman mengintegrasi pengetahuan awal siswa dan informasi yang didapat dari teks yang telah dibaca dan membedakan ide pokok dan ide penjelas. Selain itu oral retelling technique dapat membantu guru mengetahui apakah siswa siswa dapat memahami bacaan yang telah mereka baca. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan secara kolaboratif dengan guru Bahasa Inggris dari kelas X- 2. Langkah- langkah dalam Penelitian Tindakan Kelas meliputi perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Data tentang kemajuan- kemajuan yang dialami siswa dikumpulkan dengan menggunakan test pemahaman membaca rubrik menceritakan kembali (retelling rubric) dan catatan peneliti. Data tentang partisipasi siswa dalam proses pembelajaran dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi. Data tentang pendapat siswa terhadap penggunaan oral retelling technique dikumpulkan dengan menggunakan kuisioner. Dari data- data yang dikumpulkan ditemukan bahwa 20 siswa atau 74% mendapat nilai lebih dari 65. Selain itu prosentase dari partisipasi siswa selama pengimplementasian oral retelling technique menunjukkan 89% dari siswa dapat berpartisipasi secara aktif dalam proses pembelajaran. Selain itu mayoritas siswa berpendapat bahwa oral retelling technique dapat membantu mereka mengidentifikasi ide pokok dan struktur teks bacaan yang mereka baca dan juga membantu meningkatkan kemampuan berbicara (speaking) mereka. Berdasarkan hasil tersebut oral retelling technique dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami bacaan. Langkah- langkah dalam oral retelling technique yang dapat menghasilkan kemajuan siswa dalam memahami bacaan adalah sebagai berikut. Pertama peneliti mengenalkan topik bacaan yang akan dibaca siswa dengan menunjukkan gambar memutar video dan memberikan beberapa pertanyaan sederhana. Kedua siswa membaca sebuah teks bacaan. Selama membaca mereka harus menulis ide pokok dari setiap paragraf di sebuah rubrik untuk membantu dalam bercerita (prompt for retelling rubric). Ketiga semua anggota kelompok di setiap kelompok harus menceritakan kembali apa yang telah mereka pahami dari teks yang dibaca. Dalam hal ini mereka hanya diperbolehkan untuk membawa prompt for retelling. Keempat siswa harus membaca beberapa pertanyaan pemahaman yang berhubungan dengan teks yang sudah dibaca. Kelima siswa dan guru mengisi rubrik menceritakan kembali.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 12 Jun 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/10348 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |