Pemanfaatan lingkungan sekitar sebagai media pembelajaran IPS untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas III SDN Wonorejo 02 Madiun / Wahyu Trisnaning Dewi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemanfaatan lingkungan sekitar sebagai media pembelajaran IPS untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas III SDN Wonorejo 02 Madiun / Wahyu Trisnaning Dewi

Dewi, Wahyu Trisnaning (2011) Pemanfaatan lingkungan sekitar sebagai media pembelajaran IPS untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas III SDN Wonorejo 02 Madiun / Wahyu Trisnaning Dewi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Lingkungan sekitar aktivitas belajar hasil belajar IPS SD Berdasarkan hasil observasi yang peneliti lakukan di kelas III SDN Wonorejo 02 Madiun pada waktu pembelajaran IPS di dapatkan fakta bahwa siswa kurang tertarik pada pembelajaran siswa terlihat pasif merasa bosan selama pembelajaran dan rendahnya hasil belajar siswa. Hal tersebut dikarenakan pembelajaran tidak menggunakan media pembelajaran dan guru hanya menggunakan metode ceramah sehingga guru berperan aktif selama pembelajaran. Untuk mengatasi hal tersebut perlu diadakan perbaikan dengan menerapkan pembelajaran dengan memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan pemanfaatan lingkungan sekitar sebagai media pembelajaran pada materi kegiatan jual beli (2) mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar siswa pada materi kegiatan jual beli dengan pemanfaatan lingkungan sekitar sebagai media pembelajaran (3) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar pada materi kegiatan jual beli dengan pemanfaatan lingkungan sekitar sebagai media pembelajaran siswa kelas III SDN Wonorejo 02 Madiun. Penelitian ini dirancang dengan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas III SDN Wonorejo 02 Madiun dengan prosedur (1) perencanaan (2) tindakan dan observasi (3) refleksi (4) perbaikan rencana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pemanfaatan lingkungan sekitar sebagai media pembelajaran dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa hal ini ditandai dengan peningkatan rata-rata aktivitas siswa dari siklus I dengan nilai 62 09 meningkat pada siklus II dengan nilai 80 2 (2) pemanfaatan lingkungan sekitar sebagai media pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas III SDN Wonorejo 02 Madiun hal ini ditandai dengan peningkatan hasil belajar dari pra tindakan siklus I dan siklus II yaitu dari nilai rata-rata kelas pra tindakan 62 8 dengan ketuntasan belajar 31 8% meningkat menjadi 72 73 dengan ketuntasan belajar 63 64% dan pada siklus II meningkat menjadi 83 6 dengan ketuntasan belajar 86 4%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan lingkungan sekitar sebagai media pembelajaran dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas III SDN Wonorejo 02 Madiun. Disarankan agar guru dapat melakukan pembelajaran dengan memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa menciptakan suatu variasi pembelajaran yaitu dengan cara penggunaan media pembelajaran untuk menghindari kejenuhan siswa lebih giat memantau jalannya diskusi kelompok agar supaya siswa tidak bicara di luar materi pelajaran dan bercanda dengan temannya serta bagi peneliti lain diharapkan dapat menyempurnakan penelitian ini dengan cara meminimalisir siswa atau kelompok yang ramai selama pembelajaran di luar kelas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 May 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103478

Actions (login required)

View Item View Item