Faridaningrum, Ika (2011) Penerapan pendekatan konstruktivisme dengan model pembelajaran peta konsep untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Bantur 06 Kec. Bantur Kab. Malang / Ika Faridaningrum. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci Pendekatan Konstruktivisme Model Peta Konsep hasil belajar IPA Model pembelajaran peta konsep dapat membantu siswa melihat makna materi pembelajaran secara komprehensif dalam setiap komponen konsep-konsep dan mengenali hubungan antara konsep-konsep tersebut. Hasil Observasi awal di SDN Bantur 6 kec. Bantur Kab. Malang ditemukan bahwa pembelajaran IPA di kelas IV dalam kegiatan belajar siswa masih mendengar dan mencatat materi yang diberikan oleh guru (pembelajaran berpusat pada guru). Hasil belajar siswa rata-rata masih tergolong rendah. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata hasil pra tindakan yaitu 59 23 dan masih terdapat 18 siswa (69 24%) belum mencapai ketuntasan belajar individu yang telah ditetapkan yaitu 70. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) penerapan pembelajaran (2) peningkatan aktivitas (3) peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan Pendekatan Konstruktivisme dengan model pembelajaran Peta Konsep. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dilakukan atas dasar data yang diperoleh di lapangan. Rancangan yang dilakukan adalah PTK dengan dua siklus. Penelitian ini dilakukan di SDN Bantur 6 kec. Bantur Kab. Malang dengan subyek siswa kelas IV sebanyak 26 siswa yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Penelitian ini dilakukan dengan prosedur (1) Perencanaan (2) Pelaksanaan (3) Observasi (4) Refleksi di setiap siklusnya. Instrumen pada penelitian ini berupa (1) soal-soal tes (2) pedoman observasi dan (3) pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Pendekatan Konstruktivisme dengan model pembelajaran Peta Konsep pada pembelajaran IPA siswa kelas IV dalam dua siklus. Hal ini terbukti pada setiap siklus seluruh indikator dapat tercapai dengan baik sesuai RPP yang dibuat. Penggunaan model ini dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Hal ini terbukti dari rata-rata aktivitas belajar siswa yaitu 68 65 pada siklus I meningkat menjadi 76 11 pada siklus II. Selain itu juga meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini terbukti dari rata-rata hasil belajar siswa yaitu 72 42 pada siklus I meningkat menjadi 77 84 pada siklus II. Saran sebagai upaya peningkatan pembelajaran pendekatan konstruktivisme dengan model peta konsep adalah memberikan kejelasan tentang langkah-langkah membuat peta konsep agar memudahkan siswa memahami peta konsepnya. Sehingga dapat memperoleh tujuan pembelajaran yang lebih optimal.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 09 May 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/103476 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |