Penerapan model paikem untuk meningkatkan pembelajaran IPA siswa kelas V SDN Sokosari 02 Tuban / Widya Wahyuni - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model paikem untuk meningkatkan pembelajaran IPA siswa kelas V SDN Sokosari 02 Tuban / Widya Wahyuni

Wahyuni, Widya (2011) Penerapan model paikem untuk meningkatkan pembelajaran IPA siswa kelas V SDN Sokosari 02 Tuban / Widya Wahyuni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci model PAIKEM pembelajaran IPA. Hasil Observasi awal di SDN Sokosari 02 Tuban ditemukan bahwa pembelajaran IPA kelas V pada materi penyesuaian hewan dan tumbuhan terhadap lingkungan guru masih dilakukan secara konvensional. Hasil belajar siswa rata-rata masih tergolong rendah. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata hasil pra tindakan yaitu 55 dan masih terdapat 19 siswa (90 5%) belum mencapai ketuntasan belajar individu yang telah ditetapkan yaitu 70. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran PAIKEM di Kelas V SDN Sokosari 02 Tuban (2) aktivitas siswa kelas V SDN Sokosari 02 Tuban (3) hasil belajar siswa kelas V SDN Sokosari 02 Tuban. Penelitian ini dilakukan di SDN Sokosari 02 Tuban dengan subyek siswa kelas V sebanyak 21 siswa yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Jenis penelitian yang digunakan adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas) yang dikembangkan oleh Kemmis dan Taggrat meliputi 4 tahap yaitu (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) observasi dan (4) refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dokumentasi dan tes. Sedangkan instrumen pengumpulan data menggunakan lembar observasi kamera dan soal evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran PAIKEM pada pembelajaran IPA siswa kelas V dalam dua siklus dengan setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan setiap indikatornya telah mengalami peningkatan dari 92 dan meningkat menjadi 97. Hal ini terbukti dari rata-rata aktivitas belajar siswa sebelumnya yaitu 47 5 pada siklus I meningkat menjadi 77 5 pada siklus II. Selain meningkatkan aktivitas belajar juga meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini terbukti dari rata-rata hasil belajar siswa sebelumnya yaitu 77 pada siklus I meningkat menjadi 84 pada siklus II. Kesimpulan dari penelitian ini antara lain pelaksanaan model PAIKEM terbukti telah dapat meningkatkan pembelajaran IPA pada materi penyesuaian hewan dan tumbuhan terhadap lingkungan aktivitas siswa juga meningkat serta hasil belajar siswa pun meningkat. Saran yang ingin diberikan oleh peneliti dalam upaya peningkatan mutu pendidikan di Sekolah Dasar adalah peneliti lain dapat menggunakan model pembelajaran PAIKEM pada mata pelajaran IPA materi penyesuaian hewan dan tumbuhan terhadap lingkungan. Dengan memperhatikan kendalan-kendala yang ditemukan oleh peneliti. Sehingga peneliti lain dapat memperoleh tujuan pembelajaran yang lebih optimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 May 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103474

Actions (login required)

View Item View Item