Peningkatan hasil belajar IPS menggunakan model snowball throwing bagi siswa kelas IV di SDN Kedungwungu 02 Kabupaten Blitar / Dian Kristanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar IPS menggunakan model snowball throwing bagi siswa kelas IV di SDN Kedungwungu 02 Kabupaten Blitar / Dian Kristanti

Kristanti, Dian (2011) Peningkatan hasil belajar IPS menggunakan model snowball throwing bagi siswa kelas IV di SDN Kedungwungu 02 Kabupaten Blitar / Dian Kristanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci pembelajaran IPS model Snowball Throwing hasil belajar Pembelajaran IPS sebetulnya merupakan pembelajaran yang menyenangkan karena mempelajari aspek-aspek kehidupan manusia tetapi pembelajaran ini membosankan karena guru hanya menggunakan model ceramah sehingga hasil belajar siswapun menjadi rendah. Dari hasil ulangan harian Ilmu Pengetahuan Sosial anak yang mendapat nilai di bawah KKM dari 24 siswa ada 19 anak atau 79 17 % dan anak yang mendapat nilai diatas KKM hanya ada 5 anak atau 20 83%. Hal ini merupakan latar belakang dalam penelitian ini. Berdasarkan hal tersebut maka tujuan penelitian ini adalah Mendeskripsikan penerapan model Snowball Throwing pada pembelajaran IPS dan mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa kelas IV SDN Kedungwungu 02 Kabupaten Blitar. dan erupakan latar belakang dalam penelitian ini. ya menggunakan metode ceramah Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan 2 siklus tiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi angket tes dan dokumentasi. Instrument penelitian lembar observasi lembar angket lembar tes dan dokumen foto. Data yang diperoleh disajikan dalam bentuk tabel dan dianalisis secara deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dari pratindakan sampai siklus 2 pertemuan II diketahui persentase peningkatan aktifitas siswa peningkatan aktifitas guru dan hasil belajar siswa Aktifitas guru dari siklus 1 sampai siklus 2 mengalami peningkatan sebesar 5 56%. Aktifitas siswa dari siklus 1 sampai siklus 2 pada aspek kerjasama meningkat 58 34% aspek keaktifan meningkat 54 16% aspek menjawab pertanyaan meningkat 54 16%. Hasil belajar siswa dari siklus 1 sampai siklus 2 mengalami peningkatan 50%. Sehingga dari jumlah siswa 24 yang belum tuntas ada 2 siswa karena siswa ini mengalami lambat dalam belajar dan memerlukan perhatian yang khusus dari guru. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model Snowball Throwing dapat diterapkan dalam pembelajaran IPS di SD dan dapat meningkatkan kemampuan serta hasil belajar siswa .

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 May 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103473

Actions (login required)

View Item View Item