Peningkatan keterampilan membaca teks melalui metode permainan bahasa di kelas I SDN Kalitengah 01 Kabupaten Blitar / Deti Ningtyas - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan keterampilan membaca teks melalui metode permainan bahasa di kelas I SDN Kalitengah 01 Kabupaten Blitar / Deti Ningtyas

Ningtyas, Deti (2011) Peningkatan keterampilan membaca teks melalui metode permainan bahasa di kelas I SDN Kalitengah 01 Kabupaten Blitar / Deti Ningtyas. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci membaca teks metode permainan bahasa Pembelajaran membaca teks di SDN Kalitengah 01 masih dilaksanakan dengan metode lama yaitu hanya menggunakan buku paket sebagai alat bantu mengajar. Sehingga menyebabkan pembelajaran tidak menyenangkan bagi siswa dan memperngaruhi nilai keterampilan membaca teks siswa. Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan (1) bagaimanakah penerapan metode permainan bahasa untuk meningkatkan keterampilan membaca teks di Kelas I SDN Kalitengah 01 Kabupaten Blitar (2) bagaimanakah hasil penerapan metode permainan bahasa untuk meningkatkan keterampilan membaca teks di Kelas I SDN Kalitengah 01 Kabupaten Blitar Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas I SDN Kalitengah 01 Kabupaten Blitar semester I tahun pelajaran 2010/2011. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah adalah analisis data kualitatif yang meliputi reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan maka diperoleh peningkatan keterampilan membaca teks siswa di kelas I dari sebelum siklus dan setelah siklus. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari persentase rata-rata aspek suara yaitu 90% aspek pelafalan yaitu 92% aspek intonasi yaitu 90% dan aspek kelancaran adalah 92%. Dengan presentase ketuntasan belajar mengalami peningkatan yaitu 14% pada pratindakan menjadi 48% pada pertemuan 1 siklus I 67% pada pertemuan 2 siklus I menjadi 81% pada pertemuan 1 siklus II dan pada pertemuan 2 siklus II menjadi 95%. Disimpulkan bahwa penelitian penggunaan metode permainan bahasa dapat meningkatkan aktivitas dalam belajar dan keterampilan membaca teks siswa. Oleh karena itu disarankan agar guru menggunakan metode ini dalam pembelajaran membaca teks.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 May 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103472

Actions (login required)

View Item View Item