Peningkatan keterampilan membaca permulaan melalui pemanfaatan media cerita bergambar siswa kelas II SDN Popoh 02 Kabupaten Blitar / Imam Baihaki - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan keterampilan membaca permulaan melalui pemanfaatan media cerita bergambar siswa kelas II SDN Popoh 02 Kabupaten Blitar / Imam Baihaki

Baihaki, Imam (2011) Peningkatan keterampilan membaca permulaan melalui pemanfaatan media cerita bergambar siswa kelas II SDN Popoh 02 Kabupaten Blitar / Imam Baihaki. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci membaca permulaan media cerita bergambar. Rumusan masalah penelitian ini adalah 1) bagaimanakah pelaksanaan membaca permulaan melalui pemanfaatan media cerita bergambar siswa kelas II SDN Popoh 02 Kabupaten Blitar dan 2) bagaimanakah peningkatan penerapan keterampilan membaca permulaan melalui pemanfaatan media cerita bergambar siswa kelas II SDN Popoh 02 Kabupaten Blitar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Jenis penelitian yang dipergunakan dalam penulisan skripsi ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Tiap siklus dilaksanakan dengan tahapan sebagai berikut (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) observasi dan (4) refleksi. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi tes dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran membaca permulaan melalui pemanfaatan media cerita bergambar dapat meningkatkan hasil membaca permulaan siswa ditunjukkan dengan nilai rata-rata siklus I 73 dan siklus II 84 . Ketuntasan belajar siklus I sebesar 75% dan siklus II 100%. Nilai aktivitas siswa pada waktu pembelajaran juga meningkat nilai rata-rata ketuntasan pada siklus I sebesar 75% dan siklus II 100%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran membaca permulaan melalui pemanfaatan media cerita bergambar dapat meningkatkan hasil belajar membaca permulaan siswa kelas II SDN Popoh 02 Blitar oleh karena itu guru disarankan untuk menerapkan pemanfaatan media cerita bergambar sebagai media pembelajaran membaca permulaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 09 May 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103471

Actions (login required)

View Item View Item