Korelasi antara kemampuan membaca pemahaman dengan ketepatan menjawab perintah soal cerita siswa kelas IV SDN Bareng 3 Malang / Angga Dewi Safitri - Repositori Universitas Negeri Malang

Korelasi antara kemampuan membaca pemahaman dengan ketepatan menjawab perintah soal cerita siswa kelas IV SDN Bareng 3 Malang / Angga Dewi Safitri

Safitri, Angga Dewi (2011) Korelasi antara kemampuan membaca pemahaman dengan ketepatan menjawab perintah soal cerita siswa kelas IV SDN Bareng 3 Malang / Angga Dewi Safitri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci membaca pemahaman soal cerita siswa sekolah dasar Keterampilan membaca mutlak dimiliki siswa karena keterampilan membaca besar manfaatnya untuk mempelajari bidang studi lain. Dalam membaca terkandung prinsip yaitu memahami inti yang dibaca atau menemukan isi bacaan. Hal ini sesuai dengan salah satu komponen pembelajaran di SD khususnya tingkat tinggi (kelas IV-VI) yaitu membaca pemahaman. Kemampuan membaca pemahaman adalah kesanggupan siswa untuk memahami suatu bacaan yang meliputi kesanggupan memahami makna kata makna kalimat isi pokok paragraf dan isi bacaan. Kemampuan membaca pemahaman bermanfaat pada Mata Pelajaran Matematika khususnya soal cerita yang disajikan dalam bentuk kalimat-kalimat verbal dan menanyakan kuantitas-kuantitas tertentu. Untuk itu diperlukan kemampuan memahami bacaan dari soal cerita. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) tingkat kemampuan siswa kelas IV SDN Bareng 3 Malang dalam memahami bacaan (2) tingkat ketepatan siswa kelas IV SDN Bareng 3 Malang dalam menjawab perintah soal cerita dan (3) ada tidaknya hubungan antara kemampuan membaca pemahaman dengan ketepatan menjawab perintah soal cerita siswa kelas IV SDN Bareng 3 Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan deskriptif korelasional. Populasi penelitian adalah siswa SDN Bareng 3 Malang yang berjumlah 90 orang dan semuanya diteliti sehingga disebut sampel total. Data dikumpulkan menggunakan tes tulis untuk mengungkap tingkat kemampuan membaca pemahaman dan ketepatan dalam menjawab perintah soal cerita siswa. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan korelasional yang menggunakan teknik korelasi product moment. Instrumen sebelum digunakan untuk mengumpulkan data dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Hasil analisis validitas dan reliabilitas semua soal dinyatakan valid dan reliabel. Hasil analisis deskriptif terhadap kemampuan membaca pemahaman menunjukkan rata-rata sebesar 75 40 dengan 38 siswa nilainya di bawah rata-rata dan 52 siswa nilainya di atas rata-rata. Nilai minimum membaca pemahaman siswa sebesar 54 sedangkan nilai maksimum sebesar 92. Sedangkan untuk menjawab perintah soal cerita menunjukkan rata-rata sebesar 71 57 dengan 41 siswa nilainya di bawah rata-rata dan 49 siswa nilainya di atas rata-rata. Nilai minimum menjawab perintah soal cerita sebesar 52 14 sedangkan nilai maksimum sebesar 90. Analisis korelasi dengan jumlah 90 siswa dan taraf signifikansi 1% menunjukkan rhitung rtabel (0 908 0 270). Menurut ketentuan tabel nilai indek koefisien korelasi rhitung penelitian sebesar 0 908 termasuk dalam kategori korelasi yang tinggi. Kesimpulannya terjadi korelasi yang positif dan signifikan antara kemampuan membaca pemahaman dengan ketepatan menjawab perintah soal cerita siswa. Berdasarkan temuan hasil penelitian dikemukakan saran sebagai berikut (1) kemampuan membaca pemahaman hendaknya dilatih sejak dini karena pelajaran membaca bermanfaat untuk pelajaran lain (2) penelitian selanjutnya tentang membaca pemahaman hendaknya dilakukan sesuai dengan taksonomi Barett dan (3) penelitian ini hanya dilaksanakan di SDN Bareng 3 Kota Malang. Penelitian selanjutnya yang sejenis ini hendaknya dilakukan pada wilayah yang lebih luas dan variabelnya lebih beragam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 May 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103469

Actions (login required)

View Item View Item