Peningkatan keterampilan menulis puisi melalui model mind mapping siswa kelas V SDN Pojok 02 Kabupaten Blitar / Reffy Yhanna - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan keterampilan menulis puisi melalui model mind mapping siswa kelas V SDN Pojok 02 Kabupaten Blitar / Reffy Yhanna

Yhanna, Reffy (2011) Peningkatan keterampilan menulis puisi melalui model mind mapping siswa kelas V SDN Pojok 02 Kabupaten Blitar / Reffy Yhanna. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci keterampilan menulis puisi mind mapping. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model mind mapping untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi pada siswa kelas V SDN Pojok 02 kabupaten Blitar dan mendeskripsikan hasil peningkatan keteram-pilan menulis puisi melalui model mind mapping pada siswa kelas V SDN Pojok 02 kabupaten Blitar. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas. Subyek penelitian ini adalah 27 siswa kelas V SDN Pojok 02. Instrumen penelitian ini meliputi dokumentasi lembar observasi dan lembar tes. Pendekatan penelitian yang digu-nakan adalah pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan 2 siklus masing-masing siklus terdiri dari 2 pertemuan dengan tahapan penelitian meliputi peren-canaan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model mind mapping dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran keterampilan menulis puisi antara lain nilai rata-rata aktivitas siswa pada siklus I sebesar 68 dan siklus II sebesar 86. Sedangkan hasil keterampilan menulis puisi siswa meningkat ditunjukkan dengan nilai rata-rata pada pratinda-kan 65 siklus I 73 dan siklus II 87. Ketuntasan belajar pada pratindakan sebesar 30% siklus I sebesar 70% dan siklus II 100%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan agar guru menerapkan model mind mapping untuk materi pelajaran yang lain agar siswa senang dalam mengikuti pembelajaran. Guru hendaknya menciptakan pembelajaran yang inovatif agar hasil belajar siswa dapat meningkat. Bagi siswa disarankan agar aktif mengikuti kegiatan pembelajaran dan selalu berlatih menulis terutama menulis puisi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 May 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103468

Actions (login required)

View Item View Item