Pembelajaran konseptual da prosedural untuk meningkatkan hasil belajar perkalian bersusun siswa kelas IV SDN Tumpang 02 Blitar / Lely Mayasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembelajaran konseptual da prosedural untuk meningkatkan hasil belajar perkalian bersusun siswa kelas IV SDN Tumpang 02 Blitar / Lely Mayasari

Mayasari, Lely (2011) Pembelajaran konseptual da prosedural untuk meningkatkan hasil belajar perkalian bersusun siswa kelas IV SDN Tumpang 02 Blitar / Lely Mayasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci konsep prosedur perkalian bersusun. Kenyataan di lapangan siswa kelas IV SDN Tumpang 02 Blitar memiliki pemahaman konsep perkalian dan prosedur pengerjaan perkalian bersusun yang rendah. Maka perlu diadakan penelitian untuk mengatasi masalah tersebut. Rumusan masalah penelitian ini adalah 1) Bagaimana penerapan pelaksanaan pembelajaran konseptual dan prosedural untuk meningkatkan hasil belajar perkalian bersusun pada siswa kelas IV SDN Tumpang 02 Blitar 2) Apakah pembelajaran konseptual dan prosedural dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV dalam menyelesaikan perkalian bersusun di SDN Tumpang 02 Blitar Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Jenis penelitian yang dipergunakan dalam penulisan skripsi ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Tiap siklus dilaksanakan dengan tahapan sebagai berikut (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) observasi dan (4) refleksi. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi wawancara dan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran perkalian bersusun melalui pembelajaran konseptual dan prosedural dapat meningkatkan hasil belajar perkalian bersusun siswa kelas IV SDN Tumpang 02 yang ditunjukkan dengan nilai rata-rata hasil belajar pada pra tindakan 59 siklus I 73 dan siklus II 86 . Ketuntasan belajar pada pra tindakan sebesar 31% siklus I sebesar 65% dan siklus II 100%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran perkalian bersusun melalui pembelajaran konseptual dan prosedural dapat meningkatkan hasil belajar perkalian bersusun siswa kelas IV SDN Tumpang 02 Blitar oleh karena itu guru disarankan untuk menerapkan dan memahami pembelajaran konseptual dan prosedural sebagai salah satu pertimbangan untuk membelajarkan dan memotivasi siswa dalam memberikan konsep-konsep dan prosedur matematika karena kedua hal tersebut sangat mempengaruhi kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal-soal matematika

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 May 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103467

Actions (login required)

View Item View Item