Penerapan model TSTS untuk meningkatkan pembelajaran IPA siswa kelas V SDN Bandungrejosari 1 Kota Malang / Zulfa Nur Urida - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model TSTS untuk meningkatkan pembelajaran IPA siswa kelas V SDN Bandungrejosari 1 Kota Malang / Zulfa Nur Urida

Urida, Zulfa Nur (2011) Penerapan model TSTS untuk meningkatkan pembelajaran IPA siswa kelas V SDN Bandungrejosari 1 Kota Malang / Zulfa Nur Urida. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Model TSTS (Two Stay Two Stray) pembelajaran IPA Berdasarkan hasil observasi dilakukan oleh peneliti pada kelas 5B SDN Bandungrejosari 1 Kota Malang pada waktu pembelajaran IPA didapatkan fakta bahwa pembelajaran yang dilakukan guru masih berpusat pada guru dan masih menggunakan cara konvensional sehingga siswa mengalami kebosanan dan siswa kurang aktif dalam pembelajaran. Dari nilai siswa pada materi sistem pencernaan manusia menunjukkan rata-rata hasil belajar siswa hanya mencapai 55 dengan ketuntasan kelas 12 5% sedangkan SKM yang ditentukan adalah 65 untuk hasil belajar dan 65% untuk ketuntasan kelas. Untuk itu agar dapat meningkatkan keaktivan dan hasil belajar siswa perlu diadakan perbaikan pembelajaran dengan menerapkan model TSTS (Two Stay Two Stray). Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan penerapan model TSTS (2) mendeskripsikan aktivitas siswa melalui penggunaan model TSTS (3) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa melalui penggunaan model TSTS. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas dengan pendekatan deskriptif kualitatif model kolaboratif. Subjek penelitian adalah siswa kelas 5B SDN Bandungrejosari 1 Kota Malang. Dalam penelitian ini peneliti menjadi pengajar dan guru kelas sebagai observer. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model TSTS untuk pembelajaran IPA siswa kelas 5B SDN Bandungrejosari 1 dengan standar kompetensi Menerapkan sifat-sifat cahaya melalui kegiatan membuat suatu karya/model dapat dilaksanakan sesuai dengan langkah model TSTS. Penerapan model TSTS oleh guru mendapat nilai rata-rata 82 5 pada siklus I dan meningkat menjadi 93 5 pada siklus II. Aktivitas siswa pada pembelajaran dengan penerapan model TSTS meningkat dari 51 5 pada awal siklus I menjadi 79 8 pada akhir siklus II. Hasil belajar juga meningkat dari rata-rata 55 dan ketuntasan kelas 12 5% sebelum tindakan menjadi rata-rata 82 2 dan ketuntasan kelas mencapai 80% pada akhir siklus II.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 May 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103464

Actions (login required)

View Item View Item