Peningkatan kemampuan menyimak melalui metode latihan (drill) pada siswa kelas IV SDN Jatimulyo 1 Kota Malang / Wirardharani Putriwibowo - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan menyimak melalui metode latihan (drill) pada siswa kelas IV SDN Jatimulyo 1 Kota Malang / Wirardharani Putriwibowo

Putriwibowo, Wirardharani (2011) Peningkatan kemampuan menyimak melalui metode latihan (drill) pada siswa kelas IV SDN Jatimulyo 1 Kota Malang / Wirardharani Putriwibowo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci kemampuan menyimak metode latihan (drill) bahasa Indonesia SD. Pembelajaran bahasa Indonesia diarahkan untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi siswa baik secara lisan maupun tulisan serta menumbuhkan apresiasi terhadap hasil kesusastraan manusia Indonesia. Namun berdasarkan hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti pada siswa kelas IV SDN Jatimulyo 1 Kota Malang pada waktu pembelajaran bahasa Indonesia didapatkan bahwa pembelajaran yang dilakukan guru masih kurang optimal dalam pengembangan kemampuan aspek berbahasa siswa dan terlebih siswa kurang dapat menangkap materi pembelajaran dengan baik. Kesimpulan ini diperoleh dari hasil pre tes pada pra tindakan menunjukkan bahwa kemampuan menyimak siswa masih minim disamping itu sedikitnya partisipasi siswa dalam kegiatan pembelajaran membuat siswa kurang aktif serta tanggap dalam pembelajaran terlebih dimana dalam pembelajaran bahasa Indonesia idealnya diajarkan dengan mencakup keseluruhan aspek berbahasa seperti menyimak berbicara membaca dan menulis. Dari data observasi siswa yang didapat pada pra tindakan menunjukkan rata-rata hasil evalusi siswa hanya mencapai 63 75 dengan ketuntasan klasikal sebesar 31 25 %.Untuk itu agar dapat meningkatkan kemampuan siswa pada aspek bahasa terutama menyimak perlu diadakan perbaikan pembelajaran dengan menerapkan metode latihan (drill) dengan memperhitungkan keruntutan (sequence) pada saat pembelajaran berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan pengimplementasian metode latihan (drill) untuk meningkatkan keterampilan menyimak siswa kelas IV SDN Jatimulyo1 Kota Malang dan (2) mendeskripsikan peningkatan kemampuan menyimak melalui metode latihan (drill) pada siswa kelas IV SDN Jatimulyo 1 Kota Malang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas dengan pendekatan deskriptif kualitatif model kolaboratif. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Jatimulyo 1 Kota Malang. Dalam penelitian ini peneliti menjadi pengajar dan guru kelas sebagai observer. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui peningkatan kemampuan menyimak siswa melalui metode latihan (drill ) pada siswa kelas IV SDN Jatimulyo 1 Kota Malang pada materi menyampaikan kembali pengumuman dapat dilaksanakan dengan efektif. Kemampuan menyimak siswa yang diukur lewat lembar penilaian menyimak siswa meningkat dari 60 41 pada awal siklus I menjadi 75 52 pada akhir siklus II. Hasil evaluasi belajar juga meningkat dari rata-rata 63 75 dan ketuntasan kelas 31 25% sebelum tindakan menjadi rata-rata 85 62 dan ketuntasan kelas mencapai 81 25% pada akhir siklus II selain itu kemampuan menyimak siswa dengan yang diukur dengan lembar pengamatan pembelajaran melalui metode latihan (drill) pada siklus I yang hanya 83 33 meningkat menjadi 95 83 pada akhir siklus II. Dari hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa metode latihan (drill) dapat meningkatkan kemampuan menyimak siswa kelas IV SDN Jatimulyo 1 Kota Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 05 May 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103462

Actions (login required)

View Item View Item