The teaching of recount text to the eight graders of Junior High Schoool 9 Malang / Rahmaniah Oktaviah - Repositori Universitas Negeri Malang

The teaching of recount text to the eight graders of Junior High Schoool 9 Malang / Rahmaniah Oktaviah

Oktaviah, Rahmaniah (2017) The teaching of recount text to the eight graders of Junior High Schoool 9 Malang / Rahmaniah Oktaviah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Oktaviah Rahmaniah. 2016. PengajaranTeks RecountuntukSiswaKelas 8 SMP Negeri 9 Malang. Skripsi S1 JurusanSastraInggris FakultasSastra UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Utari Praba Astuti M.A. (II) Dr. Suharmanto M.Pd. Kata Kunci teksrecount fungsisosial unsurkebahasaan strukturteks. Penelitianinibertujuanuntukmendeskripsikanpengajatranteksrecount padasiswakelas 8 di SMP Negeri 9 Malang oleh guru BahasaInggris. Penelitifokuspadalanggkah-langkah yang dilakukanoleh guru dalammemberikanmateriteksrecount. Dalampengajaranteksrecount guru memperkenalkansiswapada 3 aspekyang terkandung di dalamnyayaitu fungsisosial unsurkebahasaan danstrukturteks karenasiswaharusmemahamiaspekdalamteksrecountsebelumsiswadiharapkandapatmenulisteksrecountdenganbaik. Dalampenelitianinipenelitimenggunakanjenispenelitiandeskriptifqualitatif. Subyek yang diambiladalah guru bahasaInggriskelas 8 dan 32 siswadarikelas 8C di SMP Negeri 9 Malang. Dalammengumpulkan data yang relevan penelitimenggunakanbeberapa instrument penelitianberupainterview guide observation checklists danfield notes. Pengumpulan data dilaksanakanpadabulanMaret 2016 denganmengobservasi proses pembelajaranselama 4 pertemuan. Hasil yang diperolehdaripenelitianiniadalahpermasalahansiswadalammempelajariteksrecountdan proses pembelajaransecarainduktif. Penelitimenemukanbahwa guruterlalufokusmengajarkantense yang digunakanyaitusimple past tense sedangkanaspek lain dalamteksrecountkurangdiperhatikan. Selainitu Penelitimenemukanbahwacaramengajar yang diterapkanoleh guru yaitu dengan memberikan contoh-contoh kalimat kemudian siswa menyimpulkan konsep berdasarkan contoh tersebut hingga mereka dapat menulis sebuah teks recount.Penelitimenyimpulkanbahwaperan guru sangatpentingkarenapemahamansiswatergantungpadacara guru memberikanstimulasi. Namun para siswamasihbingungtentangstrukturtekskarenafokusbelajarmerekaadalahpadasimple past tense nya. Dari hasilpenelitiandisarankankepada para guru untukmemahamikaraktersiswasebelummenerapkansuatustrategidalammengajar. Guru jugaharusmempertimbangkanfokus yang akandiajarkan agar informasiyang disampaikankepadasiswatersampaikandenganbaik. Untukpenelitiselanjutnyadisarankanuntukmenganalisisstrategipengajaranteksrecount lain dalamduakelas yang berbedauntukmendapatkanperbedaanhasil yang signifikandanmenambahkanjangkawaktuuntukmelakukanobservasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Apr 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/10346

Actions (login required)

View Item View Item