Oktaviah, Rahmaniah (2017) The teaching of recount text to the eight graders of Junior High Schoool 9 Malang / Rahmaniah Oktaviah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Oktaviah Rahmaniah. 2016. PengajaranTeks RecountuntukSiswaKelas 8 SMP Negeri 9 Malang. Skripsi S1 JurusanSastraInggris FakultasSastra UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Utari Praba Astuti M.A. (II) Dr. Suharmanto M.Pd. Kata Kunci teksrecount fungsisosial unsurkebahasaan strukturteks. Penelitianinibertujuanuntukmendeskripsikanpengajatranteksrecount padasiswakelas 8 di SMP Negeri 9 Malang oleh guru BahasaInggris. Penelitifokuspadalanggkah-langkah yang dilakukanoleh guru dalammemberikanmateriteksrecount. Dalampengajaranteksrecount guru memperkenalkansiswapada 3 aspekyang terkandung di dalamnyayaitu fungsisosial unsurkebahasaan danstrukturteks karenasiswaharusmemahamiaspekdalamteksrecountsebelumsiswadiharapkandapatmenulisteksrecountdenganbaik. Dalampenelitianinipenelitimenggunakanjenispenelitiandeskriptifqualitatif. Subyek yang diambiladalah guru bahasaInggriskelas 8 dan 32 siswadarikelas 8C di SMP Negeri 9 Malang. Dalammengumpulkan data yang relevan penelitimenggunakanbeberapa instrument penelitianberupainterview guide observation checklists danfield notes. Pengumpulan data dilaksanakanpadabulanMaret 2016 denganmengobservasi proses pembelajaranselama 4 pertemuan. Hasil yang diperolehdaripenelitianiniadalahpermasalahansiswadalammempelajariteksrecountdan proses pembelajaransecarainduktif. Penelitimenemukanbahwa guruterlalufokusmengajarkantense yang digunakanyaitusimple past tense sedangkanaspek lain dalamteksrecountkurangdiperhatikan. Selainitu Penelitimenemukanbahwacaramengajar yang diterapkanoleh guru yaitu dengan memberikan contoh-contoh kalimat kemudian siswa menyimpulkan konsep berdasarkan contoh tersebut hingga mereka dapat menulis sebuah teks recount.Penelitimenyimpulkanbahwaperan guru sangatpentingkarenapemahamansiswatergantungpadacara guru memberikanstimulasi. Namun para siswamasihbingungtentangstrukturtekskarenafokusbelajarmerekaadalahpadasimple past tense nya. Dari hasilpenelitiandisarankankepada para guru untukmemahamikaraktersiswasebelummenerapkansuatustrategidalammengajar. Guru jugaharusmempertimbangkanfokus yang akandiajarkan agar informasiyang disampaikankepadasiswatersampaikandenganbaik. Untukpenelitiselanjutnyadisarankanuntukmenganalisisstrategipengajaranteksrecount lain dalamduakelas yang berbedauntukmendapatkanperbedaanhasil yang signifikandanmenambahkanjangkawaktuuntukmelakukanobservasi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Users 2 not found. |
Date Deposited: | 11 Apr 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/10346 |
Actions (login required)
View Item |