Peningkatan hasil belajar IPS melalui metode pemberian tugas bagi siswa kelas IV SDN IV Rejotangan Kabupaten Tulungagung / Muslikah - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar IPS melalui metode pemberian tugas bagi siswa kelas IV SDN IV Rejotangan Kabupaten Tulungagung / Muslikah

Muslikah (2011) Peningkatan hasil belajar IPS melalui metode pemberian tugas bagi siswa kelas IV SDN IV Rejotangan Kabupaten Tulungagung / Muslikah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci pembelajaran IPS metode pemberian tugas hasil belajar Pemilihan metode pembelajaran sangat penting untuk dipertimbangkan oleh guru karena metode pembelajaran yang tepat dapat membantu siswa dalam mempelajari materi. Berdasarkan hasil observasi metode yang digunakan oleh guru adalah ceramah siswa kurang terlibat aktif dalam pembelajaran hal itu diperkuat dengan rata-rata nilai Ulangan Akhir Semester siswa kelas IV SDN IV Rejotangan adalah 50 3. Alternatif pemecahan masalah tersebut yaitu menggunakan metode pemberian tugas dalam pembelajaran IPS. Tujuan penelitian ini 1) Mendeskripsikan penerapan metode pemberian tugas pada pembelajaran IPS di kelas IV SDN IV Rejotangan Kabupaten Tulungagung 2) Mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPS melalui metode pemberian tugas di kelas IV SDN IV Rejotangan Kabupaten Tulungagung. Penelitian ini adalah jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian terdiri dari dua siklus tiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Instrumen dalam penelitian ini yaitu lembar observasi aktivitas siswa lembar observasi aktivitas guru tes angket dan kamera. Data direkam dengan instrumen tersebut. Data yang diperoleh disajikan dalam bentuk tabel dan dianalisis secara deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dari pratindakan sampai siklus II pertemuan 2 diketahui persentase peningkatan aktivitas siswa peningkatan aktivitas guru dan hasil belajar siswa mata pelajaran IPS kelas IV SDN IV Rejotangan Kabupaten Tulungagung. Aktivitas guru dalam pelaksanaan pembelajaran pada siklus I pertemuan 1 mengalami peningkatan sebesar 27% kemudian pada siklus I pertemuan 2 mengalami peningkatan 6% dan pada siklus II pertemuan 1 mengalami peningkatan sebesar 4% dan pada siklus II pertemuan 2 mengalami peningkatan sebesar 6%. Persentase aktivitas siswa mengalami peningkatan sebesar 9 16% pada siklus I pertemuan 1 pada siklus I pertemuan 2 mengalami peningkatan 10 25% pada siklus II pertemuan 1 mengalalami peningkatan sebesar 9 59% dan pada siklus II pertemuan 2 mengalami peningkatan sebesar 11 41%. Hasil belajar siswa pada siklus I pertemuan 1 mengalami penurunan sebesar 1 16% pada siklus I pertemuan 2 terjadi peningkatan sebesar 3 55% pada siklus II pertemuan 1 terjadi peningkatan 10 78% dan pada siklus II pertemuan 2 terjadi peningkatan sebesar 8 5%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode pemberian tugas dapat diterapkan dalam pembelajaran IPS di SD dan dapat meningkatkan kemampuan serta hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 May 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103459

Actions (login required)

View Item View Item