Analisis buku sekolah elektronik (BSE) IPS SD kelas IV semester II terbitan Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional / Siti Syamsiatin Ayuningtyas - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis buku sekolah elektronik (BSE) IPS SD kelas IV semester II terbitan Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional / Siti Syamsiatin Ayuningtyas

Ayuningtyas, Siti Syamsiatin (2011) Analisis buku sekolah elektronik (BSE) IPS SD kelas IV semester II terbitan Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional / Siti Syamsiatin Ayuningtyas. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Analisis BSE IPS SD Kelas IV semester II. Buku ajar merupakan salah satu bahan ajar tertulis yang penting dalam kegiatan belajar mengajar. Berdasarkan penyebaran angket yang dilakukan di sepuluh SDN di Kota Malang didapatkan hasil bahwa buku yang paling banyak digunakan adalah buku BSE. Perlu adanya analisis yang mendalam untuk mengkaji kekurangan dan kelebihan BSE yang beredar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kesesuaian isi materi dengan kurikulum kebenaran konsep kebenaran dan ketepatan bahasa serta kesesuaian media yang terdapat dalam buku ajar BSE IPS SD kelas IV semester II. Penelitian ini merupakan penelitian analisis isi karena yang menjadi objek kajian dalam penelitian ini adalah dokumen yang berupa buku IPS SD kelas IV semester II. Aspek yang dikaji dalam penelitian ini adalah kesesuaian isi materi dengan kurikulum kebenaran konsep kebenaran dan ketepatan bahasa serta kesesuaian media yang terdapat dalam buku IPS SD kelas IV semester II. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa pedoman analisis. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data sebagai berikut pertama kesesuaian isi materi dengan kurikulum dengan rincian (1) dari 99 materi yang ada terrdapat 53 materi yang urutannya sesuai dengan jabaran indikator (2) dari 99 materi yang ada terdapat 57 materi yang lingkupnya sesuai dengan jabaran indikator. Kedua dari 79 konsep yang ada terdapat 69 konsep yang benar. Ketiga Kebenaran dan ketepatan bahasa dengan rincian (1) dari 758 tanda baca yang ada terdapat 12 kesalahan penempatan tanda baca (2) dari 532 kalimat yang ada terdapat 18 kalimat yang salah (3) dari 118 paragraf yang ada terdapat 4 paragraf yang tergolong sebagai paragraf yang salah (4) tidak ditemukan kesalahan pemilihan kata. Keempat Dari 20 media yang ada terdapat 1 media yang tidak sesuai dengan materi yang dibahas. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kesesuaian urutan isi materi dengan kurikulum tergolong kurang sesuai kesesuaian lingkup isi materi dengan kurikulum tergolong cukup sesuai kebenaran konsep tergolong baik kebenaran dan ketepatan bahasa tergolong baik kesesuaian media tergolong baik. Dari hasil kesimpulan tersebut diajukan saran-saran pertama bagi guru dan pengguna buku sebaiknya sebelum mempergunakan BSE IPS SD kelas IV semester II haruslah ditelaah terlebih dahulu apakah buku teks tersebut sudah layak digunakan atau masih ada kekurangan yang perlu diperbaiki. Kedua bagi penulis buku sebaiknya memperhatikan beberapa hal yang berkaitan dengan kesempurnaan buku.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 05 May 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103457

Actions (login required)

View Item View Item