Penerapan model pembelajaran make a match untuk meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas III SDN Bareng 5 Kota Malang / Rita Dwi Anggraini - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran make a match untuk meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas III SDN Bareng 5 Kota Malang / Rita Dwi Anggraini

Anggraini, Rita Dwi (2011) Penerapan model pembelajaran make a match untuk meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas III SDN Bareng 5 Kota Malang / Rita Dwi Anggraini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci hasil belajar model pembelajaran make a match Berdasarkan hasil observasi awal siswa kelas III SDN Bareng 5 Kota Malang ditemukan beberapa permasalahan pada pembelajaran PKn materi keanekaragaman budaya daerah setempat yaitu (1) pembelajaran PKn masih menggunakan metode ceramah tanya jawab penugasan (2) kurangnya kemampuan siswa untuk bertanya tentang materi yang dipelajari (3)ketika guru memberikan soal-soal latihan terdapat siswa yang duduk-duduk sambil tiduran tampak kurang semangat dalam belajar (4) nilai yang diperoleh siswa masih rendah. Untuk itu perlu diadakan pembahasan dalam hal model pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang sesuai adalah make a match yaitu model pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk bekerjasama dengan siswa lain dalam menemukan kartu jawaban maupun soal yang dipegang pasangannya dengan batas waktu tertentu secara cepat dan tepat. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan penerapan model pembelajaran make a match pada mata pelajaran PKn kelas III SDN Bareng 5 Kota Malang (2) mendeskripsikan penerapan model pembelajaran make a match untuk meningkatkan hasil belajar Pkn siswa kelasIII SDN Bareng 5kota Malang (3) mendeskripsikan penerapan model pembelajaran make a match untuk meningkatkan aktivitas siswa kelas III SDN Bareng 5 Kota Malang. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang menggunakan model Kemis Taggart. Langkah Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan tindakan observasi refleksi dan rencana perbaikan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SDN Bareng 5 Kota Malang dengan jumlah siswa 18 anak. Intrumen yang digunakan adalah pedoman observasi wawancara tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran make a match dapat meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas III SDN Bareng 5 Kota Malang. Perolehan rata-rata hasil belajar siswa meningkat dari rata-rata pretes ke siklus I sebesar 39% dari siklus I ke siklus II sebesar 31% dengan ketuntasan belajar 89%. Aktivitas belajar siswa juga meningkat dari 54 pada siklus I menjadi 78 pada siklus II terjadi peningkatan sebesar 44%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran make a match dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa kelas III SDN Bareng 5 Kota Malang. Disarankan agar guru dapat menciptakan variasi dalam pembelajaran dan dapat menerapkan model pembelajaran make a match pada materi lain yang sesuai.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 May 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103455

Actions (login required)

View Item View Item