Widiyati, Eni (2011) Penerapan teknik learning by doing untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV SDN Purwantoro 2 Kota Malang / Eni Widiyati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci teknik Learning By Doing aktivitas hasil belajar IPS SD. Mata pelajaran IPS merupakan mata pelajaran yang membutuhkan pemahaman tentang materi-materi yang terdapat didalam konsep IPS. Hal ini disebabkan karena materi yang ada pada mata pelajran IPS merupakan dasar untuk diterapakan dalam kehidupan di lingkungan sosialnya. Sementara pada observasi yang dilakukan peneliti di SDN Purwantoro 2 Kota Malang ditemukan bahwa proses pembelajarannya masih didominasi siswa dengan membaca dan menghafal saja. Pada proses pembelajaran siswa cenderung ramai sendiri tidak adanya tanggung jawab untuk menyelesaikan soal yang diberikan guru. Hasil belajar yang diperoleh siswa pun masih belum mencapai KKM yang ditentukan. Penenlitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan penerapan pembelajaran teknik Learning By Doing pada mata pelajaran IPS kelas IV SDN Purwantoro II Kota Malang (2) mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV SDN Purwantoro II Kota Malang. (3) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV SDN Purwantoro II Kota Malang. Kegiatan belajar dengan berbuat akan mengaktifkan siswa dan pada akhirnya hasil belajar siswa akan meningkat. Pembelajaran dengan menggunakan teknik Learning By Doing adalah suatu pembelajaran yang kegiatannya tidak hanya mendengar dan membaca melainkan harus aktif membuat ringkasan gambar maupun membuat adegan dengan benda-benda konkrit atau sambil berpraktek. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas model spiral dari Kemmis dan Taggart. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Purwantoro 2 Kota Malang pada semeser genap tahun ajaran 2010/2011. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi wawancara dokumentasi dan test. Teknik analisis data dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai aktivitas siswa pada siklus I sebesar 57 36 % dan pada siklus II menjadi 79 57 peningkatan disini mencapai 22 21 %. Sementara untuk hasil belajar siswa ketuntasan pada siklus I sebesar 64% dan ketuntasan pada siklus II meningkat menjadi 87 3 % peningkatan disini sebesar 20 62 %. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan agar guru menggunakan teknik Learning By Doing untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dan penelitian ini dapat dijadikan langkah awal untuk penelitian lebih lanjut. Penelitian selanjutnya diharapakan bisa lebih bervariatif kegiatan yang dilakukan siswa sehingga kegiatan siswa mengahafal semakin berkurang diganti dengan berbuat dan hasilnya bisa diaplikasikan siswa dalam kehidupan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 03 May 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/103454 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |