Penerapan metode drill untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman puisi bagi siswa kelas V SDN Kayoman Purwosari Pasuruan / Anik Wijiati - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan metode drill untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman puisi bagi siswa kelas V SDN Kayoman Purwosari Pasuruan / Anik Wijiati

Wijiati, Anik (2011) Penerapan metode drill untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman puisi bagi siswa kelas V SDN Kayoman Purwosari Pasuruan / Anik Wijiati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Metode Drill Pemahaman Puisi. Salah satu tujuan pembelajaran apresiasi puisi adalah siswa mampu menikmati dan memanfaatkan puisi untuk mengembangkan kepribadian memperluas wawasan kehidupan serta meningkatkan pengetahuan dan kemampuan berbahasa. Guna mencapai tujuan tersebut pembelajaran puisi perlu disesuaikan dengan psikologi tingkat perkembangan siswa pemilihan bahan pembelajaran yang relevan dengan tingkat perkembangan siswa pemilihan bahan pembelajaran puisi perlu disesuaikan dengan kriteria keterbacaan puisi dan kesesuaian dengan usia dan lingkungan siswa. Penelitian ini bertujuan mengetahui penerapan metode drill untuk meningkatkan kemampuan siswa membaca pemahaman puisi di kelas V SDN Kayoman Purwosari Pasuruan serta untuk mengetahui kemampuan siswa dalam memahami puisi melalui pembelajaran dengan Metode Drill. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sedangkan metode yang digunakan dalam penelitian kualitatif. Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus masing-masing siklus terdiri dari (1) Perencanaan (2) Pelaksanaan (3) Observasi dan (4) Refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Kayoman Purwosari Pasuruan yang berjumlah 25 yang terdiri dari 7 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Instrumen dalam penelitian ini adalah lembar observasi soal evaluasi pedoman wawancara catatan lapangan serta rencana pelaksanaan tindakan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan Metode Drill yang berlangsung secara efektif dan seksama dapat meningkatkan prestasi belajar siswa hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan nilai hasil belajar siswa yang pada pra tindakan rata-rata kelas 62 9 meningkat menjadi 64 8 pada siklus I dan mengalami peningkatan kembali pada siklus II yaitu sebesar 78 4. . Dari hasil yang ada dapat disimpulkan bahwa Metode Drill dapat diterapkan guna untuk meningkatkan hasil prestasi belajar siswa meskipun masih terdapat kelemahan. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan agar guru menerapkan Metode Drill sehingga prestasi belajar anak didik akan ikut meningkat sesuai dengan apa yang diharapkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 May 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103453

Actions (login required)

View Item View Item