Penerapan model pembelajaran snowball throwing untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Oro-oro Dowo Malang / Azaika Hafiidyaningtyas - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran snowball throwing untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Oro-oro Dowo Malang / Azaika Hafiidyaningtyas

Hafiidyaningtyas, Azaika (2011) Penerapan model pembelajaran snowball throwing untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Oro-oro Dowo Malang / Azaika Hafiidyaningtyas. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Model Snowball Throwing aktivitas belajar dan hasil belajar Berdasarkan hasil wawancara dengan guru kelas IV SDN Oro-oro Dowo Malang peneliti menyimpulkan bahwa penguasaan konsep siswa terhadap materi perkembangan teknologi transportasi darat air dan udara kelebihan dan kekurangan serta pengalaman menggunakannya belum maksimal. Selain itu siswa cenderung merasa bosan bila pembelajaran hanya menggunakan metode konvensional. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran perkembangan teknologi transportasi melalui model snowball throwing untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Penelitian ini dirancang dengan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas model Kemmis dan MC.Taggart sedangkan jenis penelitiannya adalah kualitatif. Subjek dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IV SDN Oro-oro Dowo Malang. Tahap dalam penelitian ini (1) Perencanaan (2) Tindakan (3) Observasi dan Penilaian (4) Refleksi di setiap siklusnya. Instrumen pada penelitian ini berupa (1) soal-soal tes (2) pedoman observasi dan (3) pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan melalui model snowball throwing pada kelas IV SDN Oro-oro Dowo Malang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada perkembangan teknologi transportasi darat udara dan air serta pengalaman menggunakannya. Melalui model snowball throwing siswa dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajarnya sehingga mampu mencapai ketuntasan belajar yang ditentukan. Siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimal sebanyak 34 siswa sedangkan 4 siswa belum mencapai kriteria ketuntasan minimal. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran tentang perkembangan teknologi transportasi darat udara dan air serta pengalaman menggunakannya setelah menggunakan model snowball throwing dapat mengoptimalkan semua komponen dalam pembelajaran. Dengan pembelajaran melalui model tersebut hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari pra tindakan siklus I ke siklus II. Rata-rata kelas pada pra tindakan yaitu 64 55 sedangkan rata-rata kelas pada siklus I yaitu 81 60 dan rata-rata kelas pada siklus II yaitu 92 44. Terdapat peningkatan antara pra tindakan dan tindakan siklus I sebanyak 17 05%. Antara rata-rata siklus I dan siklus II juga ada peningkatan sebanyak 10 84%. Jumlah siswa yang tuntas belajar meningkat 32%. Dari hasil penelitian ini diharapkan guru dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam mencari alternatif penyelesaian dari berbagai permasalahan melalui model snowball throwing.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 May 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103452

Actions (login required)

View Item View Item