Rahmawati, Ika Dian (2011) Peningkatan hasil belajar PKn melalui problem based learning (PBL) pada siswa kelas V SDN Garum 03 Kabupaten Blitar / Ika Dian Rahmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci hasil belajar pkn problem based learning (pbl) Penelitian ini bertolak dari hasil observasi dan wawancara yang telah dilakukan peneliti sehingga ditemukan adanya permasalahan mengenai rendahnya hasil belajar dalam mata pelajaran PKn di SDN Garum 03 Kabupaten Blitar khususnya kelas V. Salah satunya dapat dilihat dari LKS (Lembar Kerja Siswa) yang biasa digunakan siswa sebagai penuntun kegiatan untuk menguji konsep dalam buku atau informasi yang disampaikan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V dengan menerapkan Problem Based Learning (PBL) dalam mata pelajaran PKn di SDN Garum 03 Kabupaten Blitar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dengan 2 siklus. Subyek dari penelitian ini adalah kelas V di SDN garum 03 Kabupaten Blitar dengan jumlah 21 siswa. Setiap siklus PTK terdiri atas perencanaan tindakan pelaksanaan observasi dan refleksi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar wawancara lembar laporan catatan lapangan soal tes angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah persentase ketercapaian PBL dan hasil belajar siswa (ranah kognitif). Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan persentase pada hasil belajar setelah tindakan PBL dilakukan dari siklus I sampai siklus II. Persentase pada hasil karya siswa (laporan) mengalami peningkatan sebesar 7 95% dari siklus I sebesar 75 05% ke siklus II sebesar 83%. Hasil belajar siswa untuk ranah kognitif juga mengalami peningkatan sebesar 10 47%. Persentase hasil belajar pada siklus I sebesar 80% dan pada siklus II sebesar 90 47%. Daya serap klasikal siswa juga mengalami peningkatan sebesar 2 66%. Pada siklus I daya serap klasikal sebesar 84% dan siklus II sebesar 86 66%. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat dikatakan bahwa penggunaan model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas V SDN Garum 03 Kabupaten Blitar.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 29 Apr 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/103450 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |