Andayanana, Ayu Septiana Eka Putri (2017) Developing extensive reading book for the tenth graders of MA Terpadu Al-Anwar Trenggalek / Ayu Septiana Eka Putri Andayanana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Andayanana Ayu Septiana Eka Putri. 2016.Pengembangan Buku Membaca Ekstensif untuk Kelas Sepuluh MA Terpadu Al-Anwar Trenggalek. Skripsi. Jurusan Sastra Inggris Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Mirjam Anugerahwati M.A. (II)Dr. Furaidah M.A. Kata Kunci buku membaca ekstensif kemampuan mempaca keinginan membaca kelas sepuluh. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan materi-materi membaca dalam bentuk sebuah buku membaca ekstensif guna meningkatkan keinginan membaca siswa kelas 10 di MA Terpadu Al-Anwar Trenggalek. Produk ini ditujukan untuk kegiatan extensive reading. Produk ini dikembangkan berdasarkan masalah yang ada yaitu kurangnya bahan-bahan bacaan berbahasa Inggris untuk dibaca. Penelitian ini menggunakan desain penelitian dan pengembangan oleh Borg dan Gall (1983) yang mempunyai beberapa tahapan yaitu (1) perumusan masalah (2) pengembangan materi dan produk (3) validasi ekspertis dan guru (4) revisi I (5) uji coba produk (6) revisi II dan (7) pembuatan produk akhir. Tahap pertama yang dilakukan adalah perumusan masalah. Dalam tahap perumusan masalah ini digunakan dua macam instrument. Instrumen pertama adalah pedoman wawancara yang digunakan untuk mewawancarai guru Bahasa Inggris dan instrumen kedua adalah kuisioner untuk siswa. Hasil dari tahap perumusan masalah mengindikasikan hampir semua siswa berpikir bahwa kegiatan membaca dalam Bahasa Inggris adalah sebuah kegiatan yang membosankan terlebih lagi mereka tidak bisa menemukan bahan-bahan bacaan berbahasa Inggris yang sesuai dengan apa yang mereka inginkan. Guru Bahasa Inggris juga menyatakan kesusahan dalam menyediakan bahan-bahan bacaan. Tahap kedua dalam penelitian ini adalah pengembangan materi dan produk. Materi yang dikembangkan untuk produk ini berdasarkansilabus kelas sepuluh tentang teks deskripsi teks naratif dan teks recount. Produk yang dikembangkan adalah sebuah kompilasi bahan-bahan bacaan berbahasa inggris yang terdiri dari 93 halaman dilengkapi dengan aktifitas kunci jawaban serta gambar-gambar. Sebelum diuji coba buku ini terlebih dahulu divalidasi oleh ekspertis dan guru Bahasa Inggris. Hasil dari keduanya menunjukkan bahwa produk ini mempunyai kualitas yang bagus akan tetapi ada beberapa hal yang masih harus diperbaiki. Setelah produk direvisi produk tersebut diuji coba selama satu minggu menggunakan dua macam instrumen. Instrumen pertama adalah laporan membaca tertulis dan instrumen kedua adalah kuisioner. Dihari terakhir uji coba kuisioner dibagikan kepada siswa untuk mengetahui opini siswa terhadap produk. Hasil dari uji coba produk tersebut sudah bagus terindikasi dari umpan balik siswa yang terdapat dalam kuisioner. Tahapan selanjutnya merupakan revisi produk setelah diuji coba dilanjutkan dengan pembuatan produk akhir. Hasil keseluruhan dari penelitian ini mengindikasikan bahwa produk yang dikembangkan sesuai dan mampu untuk mengisi kekurangan bahan-bahan bacaan berbahasa Inggris di MA Terpadu Al-Anwar Trenggalek. Produk ini juga terbukti meningkatkan keinginan membaca siswa. Guru bahasa Inggris juga bisa memanfaatkan produk ini untuk digunakan sebagai media aktifitas membaca dalam kelas (sustain silent reading). Peneliti yang lain juga bisa mengembangkan produk ini untuk menjadi lebih baik lagi mengingat kelemahan-kelemahan yang masih terdapat dalam produk seperti terbatasnya topik dan materi yang diangkat dalam produk ini.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 11 Apr 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/10345 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |