Peningkatan kemampuan membaca pemahaman dengan menggunakan surat kabar pada siswa kelas V-C SD Negeri Bareng 3 Kota Malang / Lia Shinta Asmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan membaca pemahaman dengan menggunakan surat kabar pada siswa kelas V-C SD Negeri Bareng 3 Kota Malang / Lia Shinta Asmawati

Asmawati, Lia Shinta (2011) Peningkatan kemampuan membaca pemahaman dengan menggunakan surat kabar pada siswa kelas V-C SD Negeri Bareng 3 Kota Malang / Lia Shinta Asmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Membaca Pemahaman Surat Kabar SD. Hasil observasi menunjukkan bahwa tingkat kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V-C SD Negeri Bareng 3 rendah hal ini dapat dilihat dari (1) Hasil penilaian membaca yang dilaksanakan oleh guru selama kegiatan pembelajaran Bahasa Indonesia. Siswa belum mampu menjawab pertanyaan tanpa penjelasan terlebih dahulu dari guru (2) Aktivitas pembelajaran berpusat pada guru (3) Guru hanya menggunakan metode ceramah tanya jawab dan penugasan (4) Media pembelajaran hanya terpaku bacaan yang tersedia pada buku pelajaran. Pembelajaran Bahasa Indonesia yang dilakukan oleh guru terutama ketika pembelajaran membaca pemahaman terkadang membuat siswa mengalami kesulitan dalam menangkap materi yang disampaikan. Salah satu penyebabnya adalah keterbatasan media. Hal ini menyebabkan siswa lebih sering berfikir secara abstrak. Untuk itu perlu adanya media yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa yaitu surat kabar. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan penggunaan surat kabar untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V SD Negeri Bareng 3 Malang dan (2) Mendeskripsikan peningkatan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V SD Negeri Bareng 3 setelah menggunakan surat kabar. Subyek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas V-C SD Negeri Bareng 3 Kota Malang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan empat tahapan yaitu (1) Perencanaan (2) Pelaksanaan (3) Pengamatan (4) Refleksi. Menggunakan empat cara dalam pengumulan data yaitu (1) Observasi (2) Wawancara (3) Tes (4) Dokumentasi. Analisi data dalam penelitian ini menggunkan tiga cara yaitu reduksi data paparan data dan penyimpulan data. Penerapan penggunaan surat kabar pada pembelajaran membaca pemahaman dimulai dengan setiap kelompok dipersilakan memilih salah satu bacaan yang terdapat pada surat kabar dan bersama-sama mendiskusikan tentang isi bacaan tersebut. Pada kegiatan akhir guru bersama siswa menyimpulkan materi pembelajaran dan siswa melaksanakan tes untuk mengetahui kemampuan membaca pemahaman. Siswa merasa sangat senang dan aktif ketika melaksanakan pembelajaran membaca pemahaman dengan menggunakan surat kabar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan surat kabar dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas V-C SD Negeri Bareng 3 Malang. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata kemampuan awal siswa dalam membaca pemahaman adalah 33 06 dengan ketuntasan klasikal sebesar 8 33%. Setelah dilaksanakan siklus I nilai rata-rata kemampuan membaca pemahaman siswa meningkat menjadi 63 75 dengan ketuntasan klasikal sebesar 47 22%. Selanjutnya pada siklus II nilai rata-rata kemampuan membaca pemahaman siswa kembali mengalami peningkatan menjadi 83 06 dengan ketuntasan klasikal sebesar 88 89%. Saran yang diberikan hendaknya guru dapat mengembangkan penggunaan surat kabar dengan lebih bervariasi bagi peneliti lain dapat disajikan sebagai dasar pertimbangan dalam melakukan penelitian lebih lanjut dan sejenis dengan materi cakupan yang lebih luas siswa diharapkan untuk meningkatkan kegemaran membaca agar semakin terlatih dalam memahami isi bacaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Apr 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103448

Actions (login required)

View Item View Item