Peningkatan hasil belajar IPS melalui model quantum learning di kelas IV SDN Mangunan 01 Kabupaten Blitar / Yuli Ariningsih - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar IPS melalui model quantum learning di kelas IV SDN Mangunan 01 Kabupaten Blitar / Yuli Ariningsih

Ariningsih, Yuli (2011) Peningkatan hasil belajar IPS melalui model quantum learning di kelas IV SDN Mangunan 01 Kabupaten Blitar / Yuli Ariningsih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci hasil belajar IPS Quantum Learning. Hasil observasi pratindakan yang telah dilakukan di SDN Mangunan 01 pada mata pelajaran IPS diperoleh data bahwa siswa belum menguasai materi. Hal ini ditandai dengan hasil belajar siswa pada tes akhir pembelajaran hanya 37% siswa sudah mencapai nilai diatas KKM dan 63% siswa masih dibawah KKM. Untuk mengatasi masalah tersebut diperlukan suatu perbaikan pembelajaran dengan menerapkan pembelajaran model Quantum Learning. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model Quantum Learning pada pembelajaran IPS kelas IV di SDN Mangunan 01 kabupaten Blitar dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas IV SDN Mangunan 01 setelah menggunakan model Quantum Learning. Model Quantum Learning merupakan model yang digunakan dalam pembelajaran IPS yang dapat membawa siswa belajar dalam suasana yang lebih nyaman dan menyenangkan. Siswa akan mendapatkan pengalaman belajar saat pembelajaran berlangsung. Siswa akan lebih aktif dalam berinteraksi dengan situasi belajarnya. Pembelajaran IPS di kelas IV SDN Mangunan 01 melalui langkah-langkah TANDUR yang ada dalam Quantum Learning. Pembelajaran diawali dengan mempersiapkan dan merencanakan materi selanjutnya menumbuhkan minat belajar siswa. Siswa kemudian diajak melakukan pengamatan secara langsung sehingga siswa alami melakukan sendiri. Langkah berikutnya siswa memberikan nama atau mendefinisikan sebuah konsep dari apa yang sudah mereka amati dan mendemontrasikan hasil pengamatan yang diperoleh. Dilanjutkan ulangi dengan memberikan tes akhir sebagai hasil belajar yang akan digunakan untuk mengukur pemahaman siswa dan yang terakhir rayakan keberhasilan siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Jenis penelitian yang dipergunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus. Setiap siklus dengan dua kali pertemuan yang masing-masing terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas IV SDN Mangunan 01 kabupaten Blitar. Data yang diperoleh berupa hasil tes dan lembar observasi (aktivitas siswa dan guru di dalam kegiatan pembelajaran). Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan maka diperoleh peningkatan rata-rata persentase hasil belajar siswa di kelas IV dari sebelum siklus adalah 37% mengalami peningkatan pada siklus I menjadi 70% sehingga terjadi peningkatan sebesar 33%. Sedangkan siklus II mencapai 89% hal ini menunjukkan peningkatan hasil belajar sebesar 19%. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa penerapan model Quantum Learning dapat meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Mangunan 01 kabupaten Blitar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 29 Apr 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103447

Actions (login required)

View Item View Item