Pengerjaan soal cerita lima langkah untuk meningkatkan hasil belajar penjumlahan dan pengurangan pecahan siswa kelas V SDN Sumberkembar 02 Blitar / Erik Dwi Widowati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengerjaan soal cerita lima langkah untuk meningkatkan hasil belajar penjumlahan dan pengurangan pecahan siswa kelas V SDN Sumberkembar 02 Blitar / Erik Dwi Widowati

Widowati, Erik Dwi (2011) Pengerjaan soal cerita lima langkah untuk meningkatkan hasil belajar penjumlahan dan pengurangan pecahan siswa kelas V SDN Sumberkembar 02 Blitar / Erik Dwi Widowati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Soal cerita pecahan hasil belajar Pada kenyataan di lapangan siswa kelas V SDN Sumberkembar 02 Kabupaten Blitar memperoleh nilai di bawah KKM. Maka perlu diadakan penelitian untuk mengatasi masalah tersebut. Rumusan masalah penelitian ini adalah 1) Bagaimanakah keterlaksanaan penerapan pengerjaan soal cerita lima langkah untuk meningkatkan hasil belajar penjumlahan dan pengurangan pecahan siswa kelas V SDN Sumberkembar 02 Blitar 2) Apakah ada peningkatan hasil belajar penjumlahan dan pengurangan pecahan kelas V SDN Sumberkembar 02 Blitar melalui penerapan pengerjaan soal cerita lima langkah Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Jenis penelitian yang dipergunakan dalam penulisan skripsi ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Tiap siklus dilaksanakan dengan tahapan sebagai berikut (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) observasi dan (4) refleksi. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi wawancara tes dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran penjumlahan dan pengurangan pecahan melalui penerapan pengerjaan soal cerita lima langkah dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Sumberkembar 02 yang ditunjukkan dengan nilai rata-rata pada pratindakan 47 25 siklus I 54 29 dan siklus II 79 83. Ketuntasan belajar pada pratindakan sebesar 62 5% siklus I sebesar 37 65% dan siklus II 100%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan pengerjaan soal cerita lima langkah dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan dapat meningkatkan keterampilan siswa kelas V SDN Sumberkembar 02 Blitar oleh karena itu guru disarankan untuk menggunakan model-model pembelajaran yang inovatif untuk menunjang tercapainya tujuan pembelajaran yang optimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Apr 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103446

Actions (login required)

View Item View Item