Suryati (2011) Peningkatan keterampilan menyimak dongeng melalui penggunaan wayang kartun dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas II SDN Kauman 3 Malang / Suryati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci peningkatan keterampilan menyimak wayang kartun. Hasil tes awal penelitian dalam pemahaman mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas II semester II diketahui bahwa keterampilan menyimak dongeng siswa kelas II SDN Kauman 3 Malang menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam menyimak dongeng masih rendah yang disebabkan oleh metode dan teknik yang digunakan guru kurang tepat serta tidak ada media yang digunakan dalam pembelajaran. Untuk meningkatkan keterampilan menyimak dongeng digunakan media yang menarik dan dekat dengan dunia siswa yaitu wayang kartun. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran keterampilan menyimak dongeng dengan menggunakan wayang kartun dalam pembelajaran Bahasa Indonesia mendeskripsikan peningkatan keterampilan menyimak dongeng dengan menggunakan wayang kartun dalam pembelajaran Bahasa Indonesia kelas II SDN Kauman 3 Malang. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini yaitu seorang guru kelas II dan seluruh siswa kelas II SDN Kauman 3 Malang dengan prosedur (1) Perencanaan (2) Tindakan dan Observasi (3) Refleksi (4) Perbaikan Rencana. Instrumen pada penelitian ini berupa (1) soal-soal tes (2) pedoman observasi dan (3) pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan wayang kartun meningkatkan antusias siswa dalam belajar dan memahami materi baik ketika menyimak maupun saat menceritakan kembali serta tertarik mengikuti pembelajaran. Peningkatan rata-rata keterampilan menyimak dongeng dari siklus I dengan nilai 73 19 ke siklus II dengan nilai 79 66 sebesar 6 47%. Sedangkan peningkatan rata-rata menceritakan kembali secara lisan dari siklus I dengan nilai 73 4 ke siklus II dengan nilai 81 81 sebesar 8 41% serta peningkatan hasil belajar dari sebelum tindakan siklus I dan siklus II yaitu dari nilai rata-rata kelas sebelum tindakan 62 29 meningkat menjadi 69 97 dan pada siklus II meningkat dengan nilai 82 42 persentase peningkatan nilai rata-rata kelas dari sebelum tindakan ke siklus I sebesar 7 68% dan dari siklus I ke siklus II sebesar 12 45% sehingga persentase peningkatan nilai rata-rata kelas dari pra tindakan ke siklus II sebesar 20 13 %. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan pelaksanaan pembelajaran dengan wayang kartun dengan langkah menunjukkan wayang katun tanya jawab memodelkan siswa menirukan. Penggunaan wayang kartun dapat meningkatkan hasil belajar siswa meliputi ketrampilan menyimak menceritakan kembali dan penguasaan materi. Saran kepada guru agar menggunakan wayang kartun dalam pembelajaran menyimak dongeng.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 28 Apr 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/103442 |
Actions (login required)
View Item |