Upaya peningkatan pembelajaran IPA kelas V melalui model pembelajaran snowball throwing di SDI Al Hikmah Gadang Malang / Indra Wahyuny - Repositori Universitas Negeri Malang

Upaya peningkatan pembelajaran IPA kelas V melalui model pembelajaran snowball throwing di SDI Al Hikmah Gadang Malang / Indra Wahyuny

Wahyuny, Indra (2011) Upaya peningkatan pembelajaran IPA kelas V melalui model pembelajaran snowball throwing di SDI Al Hikmah Gadang Malang / Indra Wahyuny. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci IPA Snowball Throwing Hasil observasi awal di SDI Al Hikmah Gadang Malang ditemukan bahwa pembelajaran IPA kelas V materi Organ Pencernaan Manusia guru masih menggunakan metode konvensional dan tidak pernah menggunakan model pembelajaran yang lain. Rata-rata hasil belajar siswa masih tergolong rendah. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata hasil belajar pratindakan yaitu 60 3 dan masih terdapat 9 siswa (60%) belum mencapai ketuntasan beljar individu yang telah ditetapkan yaitu 65. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan 1) penerapan model pembelajaran Snowball Throwing pada pembelajaran IPA di kelas V SDI Al Hikmah Gadang 2) keaktifan siswa selama penerapan model pembelajaran Snowball Throwing pada pembelajaran IPA di kelas V SDI Al Hikmah Gadang 3) hasil belajar IPA siswa kelas V SDI Al Hikmah Gadang melalui penerapan model pembelajaran Snowball Throwing 4) tanggapan siswa kelas V SDI Al Hikmah Gadang terhadap pelaksanaan pembelajaran IPA melalui model pembelajaran Snowball Throwing. Penelitian ini dilakukan di SDI Al Hikmah Gadang dengan subjek siswa kelas V sebanyak 15 siswa yang terdiri dari 9 siswi dan 6 siswa. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc. Taggart meliputi 4 tahap yaitu 1) perencanaan 2) tindakan dan pengamatan 3) observasi dan refleksi. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi wawancara dokumentasi dan tes. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dimana dalam satu siklus terdiri dari 2 pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Snowball Throwing pada pembelajaran IPA kelas V SDI Al Hikmah Gadang Malang berlangsung efektif. Dari hasil penelitian juga didapatkan bahwa penggunaan model pembelajaran Snowball Throwing dalam pembelajaran IPA kelas V di SDI Al Hikmah Gadang dapat meningkatkan keaktifan siswa selama pembelajaran IPA berlangsung selain itu penerapan model Pembelajaran Snowball Throwing mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Pernyataan ini terbukti dari rata-rata hasil belajar sebelumnya yaitu 72 3 dengan ketuntasan 66% pada siklus I meningkat menjadi 82 0 dengan ketuntasan 80% pada siklus II. Tanggapan siswa tentang penerapan model pembelajaran Snowball Throwingpun positif yaitu mereka merasa senang dalam mengikuti pembelajaran dan lebih mudah memahami materi yang diajarkan. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan bagi peneliti lain yang melakukan model pembelajaran ini agar dalam membentuk kelompok tidak terlalu banyak anggota kelompoknya agar pelaksanaan pembelajaran obtimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Apr 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103441

Actions (login required)

View Item View Item