Berpikir kreatif untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat pada siswa kelas V SD NU Hasanuddin Dilem 02 Malang / Ainin Meilia Romdhiani - Repositori Universitas Negeri Malang

Berpikir kreatif untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat pada siswa kelas V SD NU Hasanuddin Dilem 02 Malang / Ainin Meilia Romdhiani

Romdhiani, Ainin Meilia (2011) Berpikir kreatif untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat pada siswa kelas V SD NU Hasanuddin Dilem 02 Malang / Ainin Meilia Romdhiani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci kreativitas hasil belajar penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat berpikir kreatif SD. Hasil wawancara dengan guru kelas V SD NU Hasanuddin Dilem 02 Malang peneliti menyimpulkan bahwa penguasaan konsep siswa terhadap materi operasi hitung bilangan bulat masih belum maksimal. Konsep yang telah diberikan kepada siswa dan belum dikuasai siswa yaitu tentang penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat. Sedangkan pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan SD Kelas V konsepnya seharusnya sampai pada operasi hitung campuran bilangan bulat namun guru kelas belum menyampaikan hingga materi tersebut. Selain itu guru belum menggunakan media pembelajaran yang konkret sehingga siswa belum mampu mengembangkan kreativitasnya melalui berpikir kreatif dalam pembelajaran matematika.Tujuan penelitian ini mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat melalui pengembangan berpikir kreatif peningkatan kreativitas dan hasil belajar siswa kelas V SD NU Hassanuddin Dilem 02 Malang pada penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat melalui pola berpikir kreatif. Penelitian ini dirancang dengan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V Malang. Penelitian ini dilakukan dengan prosedur (1) Perencanaan (2) Tindakan (3) Observasi dan Penilaian (4) Refleksi di setiap siklusnya. Instrumen pada penelitian ini berupa (1) soal-soal tes (2) pedoman observasi dan (3) pedoman wawancara (4) catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan melalui pengembangan berpikir kreatif pada kelas V SD NU Hasanuddin Dilem 02 Malang dapat meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa pada penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat. Hal tersebut dapat dilihat dari aktivitas siswa yang dapat dilihat dari hasil observasi selama pembelajaran yang menunjukkan kreativitas siswa. Selain itu mellaui berpikir kreatif siswa dapat meningkatkan kreativitas dab hasil belajar siswa sehingga mampu mencapai ketuntasan belajar yang telah telah ditentukan. Siswa kelas V SD NU Hasanuddin Dilem 02 Malang yang mencapai kriteria ketuntasan minimal sebanyak 26 siswa sedangkan 4 siswa belum mencapai kriteria ketuntasan minimal. Adapun 4 siswa yang belum tuntas belajar dikarenakan siswa tersebut kurang memanfaatkan waktu yang dimiliki dengan baik kurang aktif bertanya dan memberikan ide dalam berdiskusi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran tentang penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat setelah pengembangan berpikir kreatif dapat mengoptimalkan semua komponen dalam pembelajaran. Pembelajaran melalui berpikir kreatif dapat digunakan karena telah memenuhi kriteria keberhasilan tindakan. Dengan pembelajaran melalui pengembangan berpikir kreatif hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari pra tindakan siklus I ke siklus II sebesar 42 2 meningkat menjadi 60 89 meningkat menjadi 80 38. Persentase peningkatan nilai rata-rata kelas dari pra tindakan ke siklus I sebesar 18 89% persentase peningkatan nilai rata-rata kelas dari siklus I ke siklus II sebesar 19 52% dan persentase peningkatan nilai rata-rata kelas dari pra tindakan ke siklus II sebesar 38 18%. Dari hasil penelitian ini diharapkan agar guru dapat melatih kreativitas siswa dalam mencari alternatif penyelesaian dari berbagai permasalahan melalui berpikir kreatif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Apr 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103440

Actions (login required)

View Item View Item