The teachers' strategies in teaching speaking to the seventh grade students of SMP Negeri 4 Malang / Diajeng Fitrah Indi Putri - Repositori Universitas Negeri Malang

The teachers' strategies in teaching speaking to the seventh grade students of SMP Negeri 4 Malang / Diajeng Fitrah Indi Putri

Putri, Diajeng Fitrah Indi (2017) The teachers' strategies in teaching speaking to the seventh grade students of SMP Negeri 4 Malang / Diajeng Fitrah Indi Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Putri DiajengFitrah Indi 2016. The Teachers Strategies in Teaching Speaking to the Seventh Grade Students of SMP Negeri 4 Malang.Skripsi PendidikanBahasaInggris FakultasSastra UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Sri Andreani M.Ed. (II) Dr. UtariPrabaAstuti M.A. Kata kunci mengajarkan speaking strategi-strategi guru Beberapa siswa terutama siswa SMP jarang berbicara menggunakanbahasa Inggris dalam percakapan sehari-hari. Mereka sering menggunakan bahasadaerah di kelas atau di luar kelas. Hal ini disebabkan olehbeberapa masalah siswakurangmempraktekkanbahasa Inggrisdalamberbicara takut membuat kesalahan tidak memiliki rasa percaya diri dan tidak bisa berinteraksi. Untuk mengatasi masalah ini para guru harus menemukan cara atau strategi yang tepat untuk mendorong siswaberbicaradalambahasainggris.Penelitianinimenggunakanpenelitiandeskriptif.Dalampenelitianini penelitiberusahauntukmencaritahu (1) strategi guru yang diterapkandalammengajarkan speaking dan (2) masalah yang dihadapioleh guru dalammengajarkan speaking.SMPN 4 Malang dipilihsebagailokasipenelitiankarenasebagiansiswanyapernahmemenangkanbeberapakontesbahasaInggrisdalamlokalkhususnya speaking. Subjekpenelitianiniadalahdua guru bahasaInggris SMPN 4 Malang.Data yang dikumpulkandaripengamatandanwawancaradisesuaikanberdasarkanpadamasalah-masalahpenelitian.Semua data yang dikumpulkanmelaluipengamatandanwawancaradideskripsikan.Hasilpengamatandianalisismelaluibeberapalangkah.Data dariwawancara yangtelahmenjaditranskripsijugadipilahdandiuraikanuntukmeninjaukegiatan guru dalammenerapkanstrategidarihasilpengamatan.Kemudian hasilevaluasi data yang diambildari field notes pengamatandantranskripsiwawancaradianalisisberdasarkanteori-teoridanpenelitiansebelumnya. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa (1) strategi yang digunakanolehdua guru tersebutadalah interview show and tell presentation dan drilling. Para siswamemberikanresponpositifterhadapstrategi-strategitersebutdan (2) masalah yang dihadapiolehpara gurudalammengajarkan speaking adalahketiadaan mediadanterbatasnyapenggunaanmateridalammengajarkan speaking untukmemecahkanmasalahtersebut guru menggunakanstrategi yang bisameningkatkankemampuansiswadalamberbicarabahasaInggrisdanmateritambahandari internet danbuku-bukulain tanpamelakukanapapundengan. Dalampenelitianinidisimpulankanbahwapara guru harusmenggunakanstrategi yang tepat menggunakanbahan-bahantambahandarisumberlain danmenggunakan media dalammengajar speaking untukmencapaitujuanpengajarandan proses pembelajaran. Berdasarkantemuan disarankanbahwa guru bahasaInggrisharusmemilikicara yang menarikdalammengajarkan speaking dikeduakelasdan guru jugaharusmenggunakanbeberapa media selamapelaksanaandalammenerapkanstrategi sepertipower point atauperangkatlunaklainnyauntukpresentasi. Bagipenelitilain merekadianjurkanuntukmelakukanpenelitianserupadenganinvestigasi yang lebihdalamdanpengamatan yang lebihseringuntukmendapatkanstrategi-strategilainnya yang diterapkanoleh gurudalammengajarkan speaking.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Apr 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/10344

Actions (login required)

View Item View Item