Penggunaan group investigation untuk meningkatkan hasil belajar keliling dan luas bangun datar kelas IV SDN Sumberboto 05 Kabupaten Blitar / Beny Kurniawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan group investigation untuk meningkatkan hasil belajar keliling dan luas bangun datar kelas IV SDN Sumberboto 05 Kabupaten Blitar / Beny Kurniawati

Kurniawati, Beny (2011) Penggunaan group investigation untuk meningkatkan hasil belajar keliling dan luas bangun datar kelas IV SDN Sumberboto 05 Kabupaten Blitar / Beny Kurniawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Group Investigation keliling luas hasil belajar Observasi yang dilakukan terhadap pembelajaran keliling dan luas bangun datar di kelas IV SDN Sumberboto 05 Kabupaten Blitar diketahui bahwa dari 12 siswa ada 7 siswa yang mendapat nilai di bawah KKM. Hal ini disebabkan karena pembelajaran yang dilakukan masih terpusat pada guru. Cara guru menyampaikan materi terlalu monoton yaitu dengan memberikan rumus keliling dan luas secara langsung dan meminta siswa untuk menghafalnya. Hal ini mengakibatkan siswa kesulitan pada saat mengerjakan soal-soal evaluasi. Berdasarkan hal tersebut maka perlu dilakukan penelitian untuk perbaikan pembelajaran salah satunya dengan menggunakan model Group Investigation (GI). Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar keliling dan luas bangun datar dengan menggunakan GI dalam pembelajaran. GI adalah suatu model pembelajaran yang melibatkan siswa sejak perencanaan sampai melakukan investigasi. Dengan keterlibatan siswa secara langsung dalam pembelajaran dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi yang dipelajari serta dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Pendekatan penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilakukan selama 2 siklus dengan subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Sumberboto 05 yang berjumlah 12 siswa. Data-data dikumpulkan melalui observasi wawancara tes dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi pedoman wawancara dan soal evaluasi. Penggunaan GI dalam pembelajaran dilakukan sesuai dengan 6 tahapan GI yaitu grouping planning investigation organizing presenting dan evaluating. Dalam pelaksanaannya kemampuan siswa mengalami peningkatan baik pada aspek psikomotor afektif dan kognitif. Peningkatan aspek psikomotor terlihat dari makin terampilnya siswa melakukan pengukuran. Aspek afektif dilihat dari perilaku siswa selama diskusi yang menunjukkan adanya kerjasama dan sikap saling menghargai. Aspek kognitif dilihat dari peningkatan nilai rata-rata yang diperoleh siswa selama 2 siklus. Adanya peningkatan terhadap ketiga aspek tersebut membuktikan bahwa penggunaan GI telah berhasil meningkatkan hasil belajar keliling dan luas bangun datar pada siswa kelas IV SDN Sumberboto 05 Kabupaten Blitar. Dengan hasil yang diperoleh tersebut saran yang dapat diberikan yaitu sebaiknya para guru menggunakan model-model pembelajaran yang inovatif untuk menunjang tercapainya tujuan pembelajaran yang optimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 25 Apr 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103439

Actions (login required)

View Item View Item