Penggunaan media komik untuk meningkatkan ketrampilan membaca nyaring pembelajaran bahasa Indonesia kelas III SDN Tawangrejo I Kecamatan Pandaan Kabupaten Pasuruan / Jumiati - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan media komik untuk meningkatkan ketrampilan membaca nyaring pembelajaran bahasa Indonesia kelas III SDN Tawangrejo I Kecamatan Pandaan Kabupaten Pasuruan / Jumiati

Jumiati (2011) Penggunaan media komik untuk meningkatkan ketrampilan membaca nyaring pembelajaran bahasa Indonesia kelas III SDN Tawangrejo I Kecamatan Pandaan Kabupaten Pasuruan / Jumiati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci media pembelajaran komik membaca nyaring sekolah dasar Tanpa memiliki kemampuan membaca yang memadai sejak dini anak akan mengalami kesulitan belajar yang selanjutnya menjadi malas belajar. Mengingat pentingnya peranan membaca tersebut bagi perkembangan siswa maka cara guru mengajar harus benar pembelajaran di kelas hendaknya memanfaatkan media pembelajaran agar siswa mempunyai keterampilan membaca yang benar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemanfaatan media pembelajaran komik dalam meningkatkan keterampilan membaca nyaring dan mendeskripsikan peningkatan keterampilan membaca nyaring dengan memanfaatkan media pembelajaran komik pada siswa kelas III SDN Tawangrejo I Kecamatan Pandaan Kabupaten Pasuruan. Untuk mencapai tujuan pembelajaran di atas penelitian ini dilakukan dengan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model kolaborasi mulai dari perencanaan pelaksanaan pengamatan penilaian dan refleksi. Dalam pelaksanaan tindakan digunakan metode pengamatan dokumentasi tes dan wawancara. Adapun instrumen penelitian yang digunakan adalah panduan pengamatan aktivitas siswa dalam pembelajaran alat penilaian kemampuan guru alat tes yang berupa teks bacaan dari komik panduan penilaian kemampuan membaca nyaring dan panduan wawancara. Sedangkan data yang diperoleh dianalisis secara kuantitatif deskriptif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan media pembelajaran komik dapat meningkatkan kemampuan membaca nyaring siswa kelas III SDN Tawangrejo I Kecamatan Pandaan Kabupaten Pasuruan. Peningkatan kemampuan membaca nyaring tersebut ditandai dengan aspek-aspek keterampilan membaca nyaring dari siklus I ke siklus II antara lain skor kenyaringan suara dari 2 7 menjadi 3 6 ketepatan pelafalan dari 3 0 menjadi 3 9 ketepatan pemenggalan frase dari 2 7 menjadi3 8 ketepatan penggunaan intonasi dari 2 9 menjadi 3 9 kelancaran membaca dari 2 9 menjadi 3 6 dan penggunaan tanda baca dari 2 9 menjadi 3 8. Di samping itu pemanfaatan media pemembalajaran komik dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran dari siklus I ke siklus II. Siswa lebih aktif terbukti dari skor yang diperoleh dari 2 92 menjadi 3 43 ketertarikan media dari skor 38 menjadi 3 9 rasa keingintahuan terhadap media dari 2 93 menjadi 36 dan sikap duduk siswa dalam membaca dari 35 menjadi 3 6.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Apr 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103437

Actions (login required)

View Item View Item