Meningkatkan keterampilan menulis narasi melalui model pakem bagi siswa kelas V SDN Rejoso 03 Kabupaten Blitar / Tutin Setyo Rini - Repositori Universitas Negeri Malang

Meningkatkan keterampilan menulis narasi melalui model pakem bagi siswa kelas V SDN Rejoso 03 Kabupaten Blitar / Tutin Setyo Rini

Rini, Tutin Setyo (2011) Meningkatkan keterampilan menulis narasi melalui model pakem bagi siswa kelas V SDN Rejoso 03 Kabupaten Blitar / Tutin Setyo Rini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci meningkatkan keterampilan menulis narasi PAKEM. Proses pembelajaran di SDN Rejoso 03 masih bersifat tradisional yaitu dengan menggunakan ceramah dan penugasan. Pada pembelajaran menulis karangan guru hanya memberikan kebebasan kepada siswa untuk mengarang tanpa mengarahkan langkah-langkah dalam menulis karangan. Hampir 75% dari jumlah siswa dalam satu kelas hasil karangan siswanya belum dapat dikatakan baik. Karena masih mengalami pengulangan kata yang disebabkan karena siswa belum menguasai langkah-langkah menulis. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan penerapan menulis narasi dan mendeskripsikan keberhasilan pelaksanaan pembelajaran model PAKEM dapat meningkatkan keterampilan menulis narasi pada siswa V SDN Rejoso 03 Kabupaten Blitar Berdasarkan hasil observasi dalam pembelajaran menulis siswa belum mencapai ketuntasan yang ditentukan oleh sekolah. Kriteria Ketuntasan Minimal dari sekolah adalah 75% namun secara klasikal. Pada pelaksanaan siklus I siswa hanya mampu mencapai 46 1%. Dari 13 siswa 6 siswa yang mampu mencapai 75% penguasaan materi. Pada siklus II hamper seluruh siswa telah mencapai KKM yang ditentukan keberhasilan penelitian ini adalah siswa telah 92 3% mencapai KKM. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan bagi para guru untuk menggunakan model PAKEM pada pembelajaran menulis narasi. Hal ini dimaksudkan untuk memacu semangat guru untuk lebih memahami karakteristik yang dimiliki oleh setiap siswa dan guru akan lebih terpacu lagi untuk menyelesaikan setiap permasalahan yang dialami siswa. Selain itu hubungan antara guru dengan siswapun juga akan semakin erat.sehingga pembelajaran menulis narasi akan mampu mencapai KKM yang telah ditentukan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Mar 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103436

Actions (login required)

View Item View Item