Penerapan model think pair share untuk meningkatkan hasil belajar pendidikan kewarganegaraan pada siswa kelas II SDN Lawang 06 Kecamatan Lawang Kabupaten Malang / Ary Nur Alni - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model think pair share untuk meningkatkan hasil belajar pendidikan kewarganegaraan pada siswa kelas II SDN Lawang 06 Kecamatan Lawang Kabupaten Malang / Ary Nur Alni

Alni, Ary Nur (2011) Penerapan model think pair share untuk meningkatkan hasil belajar pendidikan kewarganegaraan pada siswa kelas II SDN Lawang 06 Kecamatan Lawang Kabupaten Malang / Ary Nur Alni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Model Think Pair Share Hasil Belajar Pkn SD Pembelajaran PKn di kelas II SDN Lawang 06 masih cenderung berpusat pada guru sehingga kurang adanya keaktifan siswa. Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) mata pelajaran PKn di SDN Lawang 06 adalah 8805 60. Dari hasil ulangan formatif Pkn materi gotong royong diketahui bahwa siswa yang memperoleh nilai 8804 60 mencapai 10 siswa yang berarti 41 7% siswa belum tuntas belajar secara individu sehingga ketuntasan belajar klasikal juga rendah yaitu 58 3%. Untuk itu perlu adanya Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sebagai upaya meningkatkan hasil belajar siswa. Sebagai upaya meningkatkan hasil belajar siswa tersebut model Think Pair Share perlu digunakan sebagai alternatif dalam proses pembelajaran karena kegiatan pembelajarannya dapat membuat siswa aktif belajar. Rumusan masalah penelitian ini yaitu 1) bagaimanakah penerapan model Think Pair Share yang dapat meningkatkan hasil belajar PKn pada siswa kelas II SDN Lawang 06 kecamatan Lawang kabupaten Malang dan 2) apakah penerapan model Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar PKn pada siswa kelas II SDN Lawang 06 kecamatan Lawang kabupaten Malang Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas II SDN Lawang 06 semester 1 tahun ajaran 2010/ 2011 yang berjumlah 24 siswa. Penelitian ini dilakukan pada bulan Desember 2010 sampai Januari 2011. Penelitian ini termasuk dalam kategori penelitian kualitatif dengan rancangan PTK 2 (dua) siklus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes observasi dan dokumentasi. Adapun untuk menganalisis data yang dikumpulkan digunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu 1) penerapan model Think Pair Share meliputi kegiatan berpikir secara individual untuk memikirkan atau mencari jawaban/ penyelesaian masalah berpasangan untuk berdiskusi mencari kesepakatan penyelesaian masalah/ jawaban yang terbaik dan berbagi hasil diskusi kelompok kepada seluruh anggota kelas 2) penerapan model Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar siswa yang sebelum tindakan ketuntasan belajar secara klasikal hanya mencapai 58 3% meningkat 25% menjadi 83 3% pada siklus I dan mengalami peningkatan sebesar 8 4% menjadi 91 7% pada siklus II pada siklus II ketuntasan belajar siswa secara klasikal telah tercapai. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan agar penjelasan langkah-langkah pembelajaran Think Pair Share yang baru diterapkan hendaknya disampaikan secara jelas dan rinci pembagian kelompok hendaknya dapat memberikan kesempatan kepada siswa untuk melaksanakan tutor sebaya serta mengelola waktu dengan efektif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Mar 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103435

Actions (login required)

View Item View Item