Peningkatan keterampilan berbicara bahasa Inggris menggunakan permainan drama pada siswa kelas IV SDN Percobaan 2 Kecamatan Sukun Kota Malang / Denok Indah Rahayu - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan keterampilan berbicara bahasa Inggris menggunakan permainan drama pada siswa kelas IV SDN Percobaan 2 Kecamatan Sukun Kota Malang / Denok Indah Rahayu

Rahayu, Denok Indah (2011) Peningkatan keterampilan berbicara bahasa Inggris menggunakan permainan drama pada siswa kelas IV SDN Percobaan 2 Kecamatan Sukun Kota Malang / Denok Indah Rahayu. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci keterampilan berbicara bahasa Inggris Permainan Drama Sekolah Dasar Berdasar pada observasi awal dan pra tindakan yang dilaksanakan di SDN Percobaan 2 Kecamatan Sukun Kota Malang diketahui bahwa keterampilan berbicara bahasa Inggris peserta didik kelas IV masih rendah. Rendahnya keterampilan berbicara peserta didik ditandai dengan peserta didik kurang percaya diri dan dengan suara yang sangat pelan ketika diminta berbicara selama mengikuti pembelajaran bahasa Inggris. Hal ini disebabkan oleh metode dan teknik yang digunakan oleh guru cenderung klasikal dan membuat siswa jenuh. Untuk meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Inggris peserta didik perlu metode yang tepat disertai dengan media pembelajaran yang mendukung dan sesuai karakteristik anak. Salah satu metode yang dapat digunakan adalah metode bermain drama Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Tahap penelitian meliputi perencanaan pelaksanaan hasil tindakan refleksi dan peningkatan keterampilan berbicara. Bahasan umum yang dideskripsikan dalam penelitian ini adalah Implementasi Pembelajaran Aktif Kreatif Efektif dan Menyenangkan (PAKEM) menggunakan metode bermain drama . Terdapat dua siklus dalam penerapan permainan drama ini yaitu Siklus I) tahap awal pembinaan sikap percaya diri dan antusiasme pebelajar sekaligus memperkenalkan metode permainan drama Siklus II) tahap peningkatan keterampilan pada tahap ini pebelajar dibina untuk meningkatkan level keterampilannya. Kedua siklus ini menggunakan media pembelajaran cerita bergambar yang telah dipertimbangkan isinya sesuai dengan karakteristik anak Data dalam penelitian ini adalah keterampilan berbicara peserta didik pada aspek kelancaran intonasi suara keberanian pemahaman terhadap isi pembicaraan kesesuaian cerita yang disampaikan dengan isi dialog yang diperankan Data penelitian ini diperoleh dari hasil pengamatan catatan lapangan dan dokumentasi. Komulatif hasil penelitian dari implementasi siklus I dan siklus II adalah peningkatan kemampuan yang cukup signifikan. Rata-rata kelas untuk penilaian keterampilan berbicara pada pra tindakan adalah 59 25 dan peningkatan pada siklus I menjadi 66 29 serta peningkatan pada siklus II menjadi 77 59.Melalui metode bermain drama animo siswa keberanian dan sikap percaya diri siswa semakin meningkat selain itu para siswa juga merasa terhibur dengan penampilan siswa lain sehingga suasana belajar menjadi lebih menyenangkan.Berdasarkan potensi tersebut guru disarankan untuk menggunakan metode bermain drama dalam pembelajaran bahasa Inggris untuk meningkatakan keterampilan berbicara peserta didik dengan kompetensi atau tema-tema yang lain dan tentunya disesuaikan dengan situasi dan kondisi lingkungan sekolah masing-masing serta alokasi waktu yang tersedia

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Mar 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103434

Actions (login required)

View Item View Item