Pengaruh perhatian dan status sosial ekonomi orang tua terhadap rasionalitas ekonomi siswa di SMAN 7 Malang / Yunita Citra Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh perhatian dan status sosial ekonomi orang tua terhadap rasionalitas ekonomi siswa di SMAN 7 Malang / Yunita Citra Sari

Sari, Yunita Citra (2011) Pengaruh perhatian dan status sosial ekonomi orang tua terhadap rasionalitas ekonomi siswa di SMAN 7 Malang / Yunita Citra Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci perhatian orang tua status sosial ekonomi orang tua dan rasionalitas ekonomi siswa Rasionalitas ekonomi sebagai sikap yang mencerminkan kecenderungan bertindak sesuai dengan prinsip-prinsip ekonomi pada dasarnya telah dikenal oleh siswa SMA sejak mereka mengenal aktivitas ekonomi di lingkungan keluarga maupun masyarakat di sekitar kehidupannya. Dengan status sosial ekonomi orang tua yang tinggi segala kebutuhan anak akan terpenuhi dan segala keinginannya akan dicukupi dalam hal ini diperlukan juga perhatian yang tinggi dari orang tua agar kelak anak dapat mengatur sendiri keungannya dan dapat berperilaku rasional dalam berkonsumsi. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan pengaruh perhatian orang tua terhadap rasionalitas ekonomi siswa (2) untuk mendeskripsikan pengaruh status sosial ekonomi orang tua terhadap rasionalitas ekonomi siswa (3) untuk mendeskripsikan pengaruh perhatian dan status sosial ekonomi orang tua terhadap rasionalitas ekonomi siswa. Penelitian ini bersifat korelasional dan dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket untuk mengukur perhatian orang tua status sosial ekonomi orang tua dan rasionalitas ekonomi siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan bantuan program SPSS 16.0 for Windows. Populasi dalam penelitian ini meliputi seluruh siswa kelas X dan XI di SMA Negeri 7 Malang dengan jumlah 708 dan berdasarkan rumus Slovin dapat diketahui sampel sebanyak 88 siswa. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah simple random sampling. Taraf signifikansi yang digunakan adalah 5%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perhatian orang tua dan status sosial ekonomi orang tua siswa di SMAN 7 Malang adalah sedang sedangkan rasionalitas ekonomi siswa di SMAN 7 Malang adalah tinggi. Dari hasil penelitian berarti apabila ada peningkatan perhatian orang tua (X_1) sebesar satu satuan dan status sosial ekonomi orang tua (X_2) tetap maka rasionalitas ekonomi siswa (Y) akan meningkat sebesar 0 792. Apabila perhatian orang tua (X_1) dan status sosial ekonomi orang tua (X_2) meningkat satu satuan dan perhatian orang tua (X_1) tetap maka rasionalitas ekonomi siswa (Y) akan meningkat sebesar 0 315. Sedangkan konstanta sebesar 2 221 artinya jika perhatian orang tua (X_1) dan status sosial ekonomi orang tua (X_2) nilainya 0 maka rasionalitas ekonomi siswa (Y) nilainya adalah 2 221. Sedangkan R-Square sebesar 0 532 menunjukkan bahwa perubahan variabel rasionalitas ekonomi siswa (Y) berkorelasi dengan variasi perubahan variabel perhatian orang tua (X_1) dan status sosial ekonomi orang tua ( X_2) sebesar 53 2% sisanya sebesar 46 8% perubahan variabel rasionalitas ekonomi siswa (Y) berkorelasi dengan variasi perubahan variabel lain yang tidak dideskripsikan dalam penelitian ini. Dari hasil penelitian yang dilakukan maka dapat disimpulkan (1) terdapat pengaruh signifikan positif perhatian orang tua terhadap rasionalitas ekonomi siswa di SMAN 7 Malang (2) terdapat pengaruh signifikan positif status sosial ekonomi orang tua terhadap rasionalitas ekonomi siswa di SMAN 7 Malang (3) terdapat pengaruh signifikan positif secara simultan perhatian dan status sosial ekonomi orang tua terhadap rasionalitas ekonomi siswa di SMAN 7 Malang. Saran yang dapat dikemukakan adalah (1) Mengingat perhatian orang tua dan status sosial ekonomi orang tua berpengaruh terhadap rasionalitas ekonomi siswa maka hendaknya orang tua berusaha untuk meningkatkan perhatian mereka kepada anaknya. Orang tua hendaknya juga berusa semaksimal mungkin dalam usaha meningkatkan pendapatannya agar dapat mendukung kebutuhan anaknya mengingat hal ini penting bagi masa depan anaknya (2) Bagi Guru hendaknya berusaha semaksimal mungkin dalam memberikan informasi dan meningkatkan tindakan guru dalam melaksanakan pembelajaran di sekolah khususnya kecenderungan pola konsumsi yang rasional terhadap produk/jasa yang dibeli peserta didik (3) bagi peneliti lain yang ingin meneliti tentang rasionalitas ekonomi diharapkan mau menggali dan meneliti faktor-faktor lain yang mempengaruhi rasionalitas ekonomi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 03 Mar 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103433

Actions (login required)

View Item View Item