Peningkatan hasil belajar tentang operasi hitung campuran melalui strategi pembelajaran berorientasi aktivitas siswa (PBAS) di kelas IV SDN Slorok 03 Doko Blitar / Irma Pintrianingsih - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar tentang operasi hitung campuran melalui strategi pembelajaran berorientasi aktivitas siswa (PBAS) di kelas IV SDN Slorok 03 Doko Blitar / Irma Pintrianingsih

Pintrianingsih, Irma (2011) Peningkatan hasil belajar tentang operasi hitung campuran melalui strategi pembelajaran berorientasi aktivitas siswa (PBAS) di kelas IV SDN Slorok 03 Doko Blitar / Irma Pintrianingsih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci hasil belajar pembelajaran matematika PBAS Hasil observasi di SDN slorok 03 Doko Blitar pada pembelajaran Matematika kelas IV kurang memotivasi siswa untuk meningkatkan aktivitas belajar. Dalam kegiatan pembelajaran guru menggunakan metode ceramah dan penugasan. Dalam proses pembelajaran pada saat guru menjelaskan materi ada anak yang hanya berbicara sendiri dengan temannya. Banyak anak yang merasa kesulitan saat diberi soal. Siswa yang masih mengalami kesulitan dan kesalahan dalam memahami materi pelajaran tidak berani untuk bertanya kepada guru maupun teman yang lain. Banyak siswa yang cenderung bersikap diam karena mereka merasa takut untuk bertanya dan mengeluarkan pendapatnya. Selain itu waktu yang diberikan oleh guru tidak bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya hanya digunakan untuk bermain sendiri atau ngobrol dengan teman yang sama-sama tidak bisa. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah (1) Bagaimana penerapan Strategi Pembelajaran Berorientasi Aktivitas Siswa (PBAS) pada pembelajaran Matematika tentang operasi hitung campuran di kelas IV SDN Slorok 03 Doko Blitar (2) Bagaimana peningkatan hasil belajar tentang operasi hitung campuran melalui Strategi Pembelajaran Berorientasi Aktivitas Siswa (PBAS) di kelas IV SDN Slorok 03 Doko Blitar Untuk mengatasi masalah tersebut maka dalam pembelajaran di kelas dapat diterapkan strategi Pembelajaran Berorientasi Aktivitas Siswa (PBAS). Jenis penelitian yang dilaksanakan adalah Penelitian Tindakan Kelas(PTK). Sedangkan rancangan penelitian ini mengacu pada model spiral dari Kemmis dan Taggart. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi kamera tes dan lembar angket. Teknik analisa data dilakukan setelah pelaksanaan tindakan pada setiap siklus. Untuk hasil belajar digunakan KKM sebagai standar ketuntasan siswa dalam belajar yaitu sebesar 70. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar siswa kelas IV SDN Slorok 03 Doko yang ditunjukkan dari peningkatan persentase ketuntasan belajar siswa pada setiap siklus. Pada siklus I pertemuan I persentase ketuntasan belajar sebesar 68 42% pertemuan II sebesar 78 94% dan siklus II pertemuan I diperoleh ketuntasan klasikal sebesar 82 05 % pertemuan II sebesar 94 73%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan strategi Pembelajaran Berorientasi Aktivitas Siswa (PBAS) dalam pembelajaran operasi hitung campuran dapat meningkatkan hasil belajar kelas IV SDN slorok 03 Doko. Selain itu strategi Pembelajaran Berorientasi Aktivitas Siswa (PBAS) ini perlu diterapkan oleh guru agar pembelajaran yang dilakukan dapat memberikan motivasi siswa dalam belajar serta dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Mar 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103432

Actions (login required)

View Item View Item