Anggarini, Yiyin (2011) Meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas VI dalam pengerjaan hitung campuran melalui model kooperatif tipe jigsaw di SDN 1 Sedayugunung Tulungagung / Yiyin Anggarini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci hasil belajar matematika model kooperatif tipe jigsaw Pembelajaran matematika perlu diberikan kepada semua siswa mulai dari sekolah dasar untuk membekali siswa dengan kemampuan berpikir logis sistematis kritis dan kreatif serta kemampuan bekerja sama. Hal ini dikarenakan pelajaran matematika bertujuan agar siswa memiliki kemampuan untuk memahami konsep matematika memecahkan masalah mengkomunikasikan gagasan dan memiliki sikap menghargai kegunaan matematika dalam kehidupan. Berdasarkan hasil observasi terhadap pelaksanaan pembelajaran matematika di kelas VI SDN 1 Sedayugunung Tulungagung diketahui adanya permasalahan dalam pembelajaran yaitu nilai rata-rata hasil evaluasi siswa pada pokok bahasan operasi hitung campuran 56 67 rasa sosial di antara siswa sangat kurang dan aktivitas siswa dalam pembelajaran tidak bervariasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika pada siswa kelas VI dalam pengerjaan hitung campuran melalui model kooperatif tipe jigsaw di SDN 1 Sedayugunung Tulungagung. Rancangan penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian adalah peneliti dan siswa kelas VI SDN 1 Sedayugunung Tulungagung dengan jumlah 12 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi angket dan tes. Analisis data dilakukan setelah pemberian tindakan pada setiap siklus yang telah dilakukan. Pembelajaran matematika pada pra tindakan yang dilaksanakan di kelas VI SDN 1 Sedayugunung dalam pengerjaan hitung campuran menggunakan metode konvensional dan monoton sehingga aktivitas dan hasil belajar siswa masih banyak yang belum memenuhi standar yang ditetapkan. Dari hasil penelitian menunjukkan hasil belajar matematika pada siswa kelas VI dalam pengerjaan hitung campuran melalui model kooperatif tipe jigsaw mengalami peningkatan. Peningkatan tersebut diketahui dari nilai tes siswa pada pra tindakan siswa yang mencapai KKM 33% pada siklus I 67% dan pada siklus II 100%. Sedangkan aktivitas belajar siswa pada siklus I kriteria dominan yang muncul cukup dan pada siklus II baik yang teramati pada kegiatan siswa sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran menggunakan model kooperatif tipe jigsaw yaitu (a) pembentukan kelompok (b) pembentukan kelompok baru dan berdiskusi (c) menyampaikan hasil diskusi pada kelompok awal (d) persentasi hasil diskusi (e) menyimpulkan dan (f) melakukan refleksi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 23 Feb 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/103431 |
Actions (login required)
View Item |