Peningkatan hasil belajar PKn melalui metode simulasi kelas VI SDN IV Pakisrejo Tulungagung / Rafi Rohayati - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar PKn melalui metode simulasi kelas VI SDN IV Pakisrejo Tulungagung / Rafi Rohayati

Rohayati, Rafi (2011) Peningkatan hasil belajar PKn melalui metode simulasi kelas VI SDN IV Pakisrejo Tulungagung / Rafi Rohayati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci hasil belajar PKn sekolah dasar metode simulasi PKn merupakan mata pelajaran yang memfokuskan pada pembentukan warga negara yang mampu memahami dan melaksanakan hak-hak dan kewajibannya untuk menjadi warga negara Indonesia yang cerdas terampil dan berkarakter yang diamanatkan oleh Pancasila dan UUD 1945. Berdasarkan studi pendahuluan terhadap pelaksanaan pembelajaran PKn di SDN IV Pakisrejo Tulungagung diketahui adanya permasalahan dalam pembelajaran yaitu pembelajaran berpusat pada guru sehingga siswa tidak terlibat secara aktif dalam pembelajara yang berakibat pada rendahnya hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan (1) bagaimana penerapan metode simulasi dapat meningkatkan hasil belajar PKn kelas VI SDN IV Pakisrejo Tulungagung (2) apakah penerapan metode simulasi dapat meningkatkan hasil belajar PKn kelas VI SDN IV Pakisrejo Tulungagung. Rancangan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas VI SDN IV Pakisrejo Tulungagung dengan jumlah 14 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes angket dan observasi selama proses belajar mengajar berlangsung. Analisis data dilakukan setelah pemberian tindakan pada setiap siklus yang telah dilakukan. Dari hasil penelitian menunjukkan (1) penerapan metode simulasi meliputi orientasi latihan bagi peserta proses simulasi pemantapan dan debriefing (2) penerapan metode simulasi dapat meningkatkan hasil belajar PKn kelas VI SDN IV Pakisrejo Tulungagung baik secara individu maupun secara klasikal dengan peningkatan persentase penilaian proses pada siklus I sebesar 14 28% dari pra tindakan pada siklus II sebesar 42 86% dari siklus I. Sedangkan peningkatan persentase penilaian evaluasi pada siklus I sebesar 14 29% dari pra tindakan pada siklus II adalah 42 86% dari siklus I. Hasil rata-rata penilaian evaluasi juga mengalami peningkatan yaitu 45 71 pada pra tindakan 59 64 pada siklus I dan 74 85 pada siklus II.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Feb 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103430

Actions (login required)

View Item View Item