Penerapan metode simulasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn di kelas IV SDN Kemiri Kecamatan Puspo Kabupaten Pasuruan / Siti Fatimah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan metode simulasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn di kelas IV SDN Kemiri Kecamatan Puspo Kabupaten Pasuruan / Siti Fatimah

Fatimah, Siti (2011) Penerapan metode simulasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn di kelas IV SDN Kemiri Kecamatan Puspo Kabupaten Pasuruan / Siti Fatimah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Metode Simulasi Hasil Belajar PKn Sekolah Dasar. Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) bertujuan untuk membentuk watak warga negara yang baik yaitu warganegara yang tahu mau dan sadar akan hak serta kewajibannya. Untuk meningkatkan kemampuan dan kemauan siswa dalam pembelajaran PKn perlu adanya penerapan pembelajaran yang sesuai. Dengan penerapan pembelajaran yang sesuai diharapkan hasil belajar siswa menjadi meningkat dan lebih baik. Hasil observasi yang dilakukan menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas pembelajaran PKn di SDN Kemiri adalah 56 25.Rendahnya nilai siswa disebabkan oleh pembelajaran yang dilakukan guru monoton. Guru jarang menggunakan model pembelajaran yang bervariasi.Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan penerapan metode simulasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Ken miri Puspo Pasuruan dalam pembelajaran PKn (2) mendiskripsikan peningkatan hasil belajar siswa melalui metode simulasipada mata pelajaran PKn di kelas IV SDN Kemiri Puspo Pasuruan. Metode penelitian ini adalah kualitatif kolaboratif yaitu peneliti berkolaborasi dengan guru kelas IV. Sedangkan pembelajarannya menggunakan metode simulasi yaitu pembelajaran yang melibatkan siswa mengalami peristiwa yang sebenarnya.Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitiannya adalah siswa kelas IV SDN Kemiri Puspo Pasuruan sebanyak 28 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan model triangulasi yaitu penggabungan dari berbagai macam metode antara lain wawancara observasi dan hasil tes. Analisis data dilakukan dengan mencari rata-rata kelas dan prosentase. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus masing-masing siklus terdapat empat komponen yaitu perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Kemiri Puspo Pasuruan dalam pembelajaran PKn adalah penggunaan metode pembelajaran yang cocok dan sesuai dengan materi. Salah satu metode pembelajaran yang bisa digunakan adalah metode pembelajaran simulasi. Penerapan metode simulasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Kemiri Puspo Pasuruan. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata hasil tes mulai pra tindakan (56 25) meningkat pada siklus I (64 11) dan meningkat lagi pada siklus II (75 89). Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data maka peneliti menyimpulkan bahwa penerapan metode simulasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Kemiri Puspo Pasuruan dalam pembelajaran PKn. Untuk itu peneliti menyarankan kepada guru untuk menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi untuk mendapatkan hasil belajar yang maksimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 10 Feb 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103428

Actions (login required)

View Item View Item