Penggunaan metode SQ3R untuk meningkatkan kemampuan memahami isi bacaan pada siswa kelas IV SDN Kauman bangil / Apriviati Purwaningrum - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan metode SQ3R untuk meningkatkan kemampuan memahami isi bacaan pada siswa kelas IV SDN Kauman bangil / Apriviati Purwaningrum

Purwaningrum, Apriviati (2011) Penggunaan metode SQ3R untuk meningkatkan kemampuan memahami isi bacaan pada siswa kelas IV SDN Kauman bangil / Apriviati Purwaningrum. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Metode SQ3R Kemampuan Memahami Isi Bacaan SD Hasil studi pendahuluan yang dilakukan terhadap pelaksanaan kegiatan belajar mengajar Bahasa Indonesia pada aspek keterampilan memahami isi bacaan siswa Kelas IV SDN Kauman Kecamatan Bangil Semester I Tahun Pelajaran 2010-2011 masih rendah. Nilai rata-rata kelasnya hanya 59 dengan angka ketuntasan belajar kelas sebesar 33 3 % atau 8 siswa dari 24 siswa. Metode pembelajaran membaca yang selama ini dilaksanakan oleh guru kurang tepat yaitu melalui ceramah tanpa melibatkan siswa secara aktif. Siswa jenuh dan kurang berminat memperhatikan pelajaran. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan 1) Mendeskripsikan langkah-langkah penggunaan metode SQ3R untuk memahami isi bacaan pada siswa kelas IV SDN Kauman Bangil. 2) Mendeskripsikan peningkatan kemampuan memahami isi bacaan pada siswa kelas IV SDN Kauman Kecamatan Bangil melalui penggunaan metode SQ3R. Pemecahan masalah dilaksanakan melalui penelitian tindakan kelas (PTK) secara kolaboratif antara peneliti dengan kolaborator menggunakan metode SQ3R. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Kauman Kecamatan Bangil Kabupaten Pasuruan sebanyak 24 siswa. Tehnik pengumpulan data dilakukan melalui tes observasi wawancara angket dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisa secara deskriptif prosentase dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa penggunaan metode SQ3R dapat meningkatkan kemampuan memahami isi bacaan siswa kelas IV SDN Kauman Bangil. Hasil tes siklus I menunjukkan siswa yang memperoleh nilai 8805 70 meningkat menjadi 66 7% (16 siswa) dengan nilai rata-rata 69 dibandingkan dengan hasil ulangan harian pra penelitian yang hanya sebanyak 33 3% (8 siswa) dengan nilai rata-rata 59 atau meningkat sebesar 33 4%. Pada siklus II kemampuan memahami isi bacaan siswa tersebut meningkat kembali menjadi 83 3% (20 siswa) dengan nilai rata-rata 74. Ini menunjukkan peningkatan sebesar 16 6%. Hasil siklus II ini telah memenuhi indikator keberhasilan penelitian maka penelitian ini dihentikan pada siklus II. Peneliti menyarankan agar metode SQ3R ini diterapkan sebagai variasi dalam proses belajar mengajar di kelas agar pembelajaran yang dilaksanakan lebih bervariasi. Pada penerapan metode SQ3R yang dilaksanakan dalam penelitian ini masih ada 4 siswa (16 7%) yang belum tuntas belajar secara individu karena itu diharapkan kepada peneliti lain yang melaksanakan kegiatan penelitian serupa agar meningkatkan hasil tersebut menjadi lebih baik lagi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Jan 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103426

Actions (login required)

View Item View Item