Peningkatan hasil belajar FPB dan KPK melalui pendekatan pemecahan masalah pada siswa kelas V MI Miftahul Ulum Grati Pasuruan / Nur Azizah - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar FPB dan KPK melalui pendekatan pemecahan masalah pada siswa kelas V MI Miftahul Ulum Grati Pasuruan / Nur Azizah

Azizah, Nur (2011) Peningkatan hasil belajar FPB dan KPK melalui pendekatan pemecahan masalah pada siswa kelas V MI Miftahul Ulum Grati Pasuruan / Nur Azizah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Hasil belajar FPB dan KPK pemecahan masalah Guru merupakan faktor utama yang memiliki peranan sebagai pengelola dan pengembang pembelajaran yang di tuntut aktif dan kreatif dalam menerapkan pendekatan dan metode mengajar untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil observasi awal ditentukan bahwa hasil belajar siswa kelas V MI Miftahul Ulum Grati Pasuruan yang diperoleh dengan FPB dan KPK. Sebagian besar (75%) dari 20 siswa nilai hasil belajarnya masih tergolong rendah. Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan penerapan pendekatan pemecahan masalah yang dapat meningkatkan hasil belajar FPB dan KPK pada siswa kelas V MI Miftahul Ulum Grati Pasuruan (2) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar FPB dan KPK pada siswa kelas V MI Miftahul Ulum setelah diterapkan pendekatan pemecahan masalah. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu mengguakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model kolaboratif melalui empat tahapan perencanaan tindakan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi hasil tindakan. PTK ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas dua kali pertemuan meliputi kegiatan awal kegiatan inti dan kegiatan akhir. Penelitian ini dilaksanakan di MI Miftahul Ulum Grati Pasuruan. Subyek penelitian ini siswa kelas V sebanyak 20 orang siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan meliputi lembar tes soal lembar observasi dan catatan lapangan. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis data kualitatif yang meliputi mereduksi data memaparkan data dan menyimpulkan data. Hasil penelitian pembelajaran pemecahan masalah ini dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas V MI Miftahul Ulum Grati Pasuruan. Hal ini ditunjukkan dengan perolehan hsil formatif yang meningkat yaitu dari skor pra tindakan mencapai rata-rata 58 75% sedangkan skor rata-rata 64 5% pada siklus I ke 74 95% pada siklus II. Pada siklus II ini sudah mencapai ketuntasan belajar diatas 70% sehingga kegiatan penelitian dihentikan. Dampak dari penerapan pendekatan pemecahan masalah ini dapat meningkatkan tingkat aktivitas proses belajar siswa hasil belajar siswa standar nilai ketuntasan belajar siswa dan cara menerapkan pembelajaran pemecahan masalah. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan kepada guru untuk dapat menggunakan media benda kongkret pada saat menanamkan konsep materi FPB dan KPK. Bagi siswa agar lebih meningkatkan aktivitas dalam belajar. Bagi peneliti selanjutnya dapat memberi informasi wawasan serta dapat meningkatkan lagi hasil dari penelitian ini dan pada penelitian tentang pemecahan masalah dapat terlaksana lebih sempurna lagi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Jan 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103425

Actions (login required)

View Item View Item