Meningkatkan hasil belajar debit melalui pemecahan masalah model Polya di kelas VI SDN Plumbangan 03 Kecamatan Doko / Dyah Sekti Pratiwi - Repositori Universitas Negeri Malang

Meningkatkan hasil belajar debit melalui pemecahan masalah model Polya di kelas VI SDN Plumbangan 03 Kecamatan Doko / Dyah Sekti Pratiwi

Pratiwi, Dyah Sekti (2011) Meningkatkan hasil belajar debit melalui pemecahan masalah model Polya di kelas VI SDN Plumbangan 03 Kecamatan Doko / Dyah Sekti Pratiwi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci hasil belajar pembelajaran matematika pemecahan masalah model Polya Matematika merupakan ilmu pengetahuan yang mempelajari struktur yang abstrak dan pola hubungan yang ada di dalamnya. Selain itu matematika merupakan pengetahuan yang logis sistematis artifisial dan menghendaki suatu pembuktian. Sifat-sifat matematika tersebut menuntut siswa untuk menggunakan kemampuan-kemampuan dasar dalam pemecahan masalah seperti berpikir logis dan berpikir strategik. Pemecahan masalah merupakan materi pemecahan masalah dalam mata pelajaran matematika. Materi pemecahan masalah diajarkan untuk membelajarkan siswa tentang pemecahan masalah. Pemecahan masalah merupakan suatu usaha dengan menggunakan matematika maupun aplikasinya dan ilmu pengetahuan lain secara kreatif yang menjadikan suatu strategi untuk menyelesaikan suatu masalah atau kesulitan sehingga tujuan yang diinginkan segera tercapai. Dalam membelajarkan pemecahan masalah di kelas VI SDN Plumbangan 03 Kec. Doko Kab. Blitar guru dan siswa mengalami permasalahan sehingga siswa tidak dapat mencapai SKM yang ditentukan. Karena itulah peneliti melakukan penelitian tindakan kelas untuk mencapai ketuntasan siswa dalam belajar sesuai dengan SKM yang ditetapkan dalam KTSP SDN Plumbangan 03. Tindakan yang dilakukan dengan menerapkan pemecahan masalah model Polya. Penelitian dirancang dengan menggunakan penelitian kualitatif yaitu penelitian tindakan kelas. Tahapan penelitian dilakukan menurut tahap yang dikemukakan oleh Lewin s. Data yang diambil dalam penelitian ini adalah data hasil belajar siswa dan kemampuan menyelesaikan pemecahan masalah menggunakan pemecahan masalah model Polya. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah lembar observasi tes angket dan wawancara. Teknik analisa data disesuaikan dengan instrumen dan untuk hasil belajar digunakan SKM sebagai standar ketuntasan siswa dalam belajar. Hasil penelitian yang diperoleh adalah sebagai berikut pada siklus I 55% siswa sudah mampu memahami masalah 30% siswa mampu menyusun rencana penyelesaian 25% siswa mampu melaksanakan rencana penyelesaian dan 20% siswa mampu menguji kembali jawaban. Kemudian pada siklus II 85% siswa mampu memahami masalah 40% siswa mampu menyusun rencana penyelesaian masalah 45% siswa mampu melaksanakan rencana penyelesaian dan 40% siswa mampu menguji kembai jawaban. Sedangkan untuk hasil tes pada siklus I hasil tes awal diperoleh 41 30% dan pada siklus II diperoleh 51 05%. Pada siklus I tes akhir diperoleh 47 20% dan siklus II diperoleh 71 20%. Kegiatan guru pada siklus I mendapatkan nilai 19 dan pada siklus II mendapatkan nilai 21. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan pemecahan masalah model Polya dapat meningkatkan hasil belajar siswa tentang pemecahan masalah. Dari hasil penelitian tersebut diharapkan guru mencoba menerapkan model ini untuk membantu mengatasi kesulitan siswa dalam menyelesaikan pemecahan masalah sekaligus sebagai rangsangan pada guru untuk dapat mencipatakan inovasi dalam meningkatkan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Jan 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103424

Actions (login required)

View Item View Item