Peningkatan kemampuan menulis puisi melalui lagu sebagai alat apresiasi di kelas VI SDN Sawentar 02 Kabupaten Blitar / Yesika Maya Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan menulis puisi melalui lagu sebagai alat apresiasi di kelas VI SDN Sawentar 02 Kabupaten Blitar / Yesika Maya Sari

Sari, Yesika Maya (2011) Peningkatan kemampuan menulis puisi melalui lagu sebagai alat apresiasi di kelas VI SDN Sawentar 02 Kabupaten Blitar / Yesika Maya Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

kata kunci menulis puisi lagu alat apresiasi Berdasarkan hasil observasi yang peneliti lakukan di kelas VI pada waktu pembelajaran puisi adalah sebagai berikut (1) proses belajar mengajar masih berpusat pada guru sehingga siswa kurang aktif dan kreatif dalam kegiatan pembelajaran (2) proses pembelajaran yang dilakukan guru cenderung ceramah (3) guru tidak menggunakan media dalam pembelajaran (4) metode yang digunakan guru dalam pembelajaran puisi masih bersifat monoton (5) pembelajaran terkesan tegang dan kurang menyenangkan (6) ketertarikan siswa dalam pembelajaran puisi masih kurang sehingga siswa ramai sendiri dan malas bila disuruh membuat puisi dan (7) bahan pembelajaran yang dipilih guru kurang variatif Berdasarkan pengalaman yang dilakukan terhadap proses pembelajaran menulis puisi yang berlangsung diperoleh hasil yang kurang memuaskan yaitu dari 21 siswa hanya 9 siswa saja yang nilainya dapat mencapai KKM (kriteria ketuntasan minimal) atau 8805 70 sedangkan 12 siswa lainnya masih belum dapat mencapai KKM atau 8804 70. Untuk itu agar dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan tercapainya tujuan pembelajaran dalam mata pelajaran bahasa Indonesia perlu diadakan perbaikan pembelajaran dengan menggunakan lagu dalam pembelajaran menulis puisi. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan penerapan pembelajaran menulis puisi dengan menggunakan lagu sebagai alat apresiasi di kelas VI (2) mengetahui dan mendeskripsikan kemampuan siswa dalam menulis puisi dengan menggunakan lagu sebagai alat apresiasi di kelas VI. Penelitian ini menggunakan model deskriptif kualitatif jenis penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian adalah siswa kelas VI SDN Sawentar 02. Dalam penelitian ini peneliti sebagai guru (pengajar) dan guru kelas (mitra peniliti) sebagai observer. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan lagu sebagai alat apreasiasi pada pembelajaran menulis puisi di kelas VI dapat meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa kelas VI. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata setiap siklusnya mengalami peningkatan. Nilai rata-rata prasiklus sebesar 63 9 dengan presentase ketuntasan sebesar 42 85%. Nilai rata-rata siklus I 75 3 dengan persentase 76 9 %. Sedangkan pada siklus II nilai rata-rata menjadi 80 00 dengan persentase sebesar 95%. Berdasarkan hasil kesimpulan disarankan kepada guru kelas VI SDN Sawentar 02 Kabupaten Blitar untuk menggunakan lagu dalam pembelajaran puisi agar kemampuan menulis puisi siswa meningkat dan menumbuhkan rasa senang bagi siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Jan 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103423

Actions (login required)

View Item View Item