Pridhiatama, Ramadhita (2011) Peningkatan penguasaan konsep perkalian dengan menggunakan teori Jerome Bruner pada siswa kelas II SDN Blimbing V Kecamatan Blimbing Kota Malang / Ramadhita Pridhiatama. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci penguasaan konsep perkalian bilangan teori Jerome Bruner SD. Hasil tes awal penelitian dalam penguasaan mata pelajaran matematika kelas II semester II dengan materi pokok perkalian pembagian dan bangun datar yang diujikan kepada siswa kelas II SDN Blimbing V menunjukkan bahwa kemampuan siswa pada operasi perkalian mendapatkan nilai terendah. Siswa kurang memahami konsep perkalian karena kejenuhan siswa terhadap pelajaran dan guru mengharuskan siswa untuk menghafal perkalian. Upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan penguasaan konsep perkalian yaitu berdasarkan teori Jerome Bruner dalam tahapan enaktif ikonik dan simbolik. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan penerapan teori Jerome Bruner untuk meningkatkan pemahaman konsep perkalian siswa kelas II SDN Blimbing V Kecamatan Blimbing Kota Malang. Selain itu mendeskripsikan tingkat keberhasilan penerapan teori Jerome Bruner untuk meningkatkan pemahaman konsep perkalian siswa kelas II SDN Blimbing V Kecamatan Blimbing Kota Malang. Penelitian ini dirancang dengan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini yaitu seorang guru kelas II dan seluruh siswa kelas II SDN Blimbing V Kota Malang. Penelitian ini dilakukan dengan prosedur (1) Perencanaan (2) Tindakan (3) Observasi dan Penilaian (4) Refleksi di setiap siklusnya. Instrumen pada penelitian ini berupa (1) soal-soal tes (2) pedoman observasi dan (3) pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teori Jerome Bruner berhasil diterapkan pada kelas II SDN Blimbing V Kecamatan Blimbing Kota Malang dan dapat meningkatkan penguasaan konsep perkalian. Hal ini terbukti dari nilai rata-rata siswa sebelum penerapan teori Jerome Bruner yaitu 54 dan setelah penerapan teori Jerome Bruner yaitu siklus I nilainya 67 dan siklus II meningkat menjadi 80. Persentase peningkatan nilai rata-rata kelas dari pra tindakan ke siklus II sebesar 48%. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa teori Jerome Bruner berhasil diterapkan dan dapat meningkatkan penguasaan konsep perkalian siswa. Peneliti memberikan saran sebaiknya guru menggunakan teori Jerome Bruner dalam mengajar matematika sehingga dapat meningkatkan penguasaaan siswa terhadap konsep perkalian dan lebih memperhatikan siswa yang ramai sebaiknya pada penelitian selanjutnya peneliti dapat meminimalisir siswa yang ramai selain itu sebaiknya kepala sekolah lebih memperhatikan taraf perkembangan siswa dan umur siswa sehingga siswa dapat lebih mudah dalam menguasai materi pelajaran khususnya konsep perkalian.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 25 Jan 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/103422 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |