Penerapan pakem untuk meningkatkan hasil belajar PKn materi pokok pemerintahan pust dan pemerintahan daerah kelas VI MI Bustanul Ulum Pakisaji Malang / Nugroho Dwi Cahyono - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pakem untuk meningkatkan hasil belajar PKn materi pokok pemerintahan pust dan pemerintahan daerah kelas VI MI Bustanul Ulum Pakisaji Malang / Nugroho Dwi Cahyono

Cahyono, Nugroho Dwi (2011) Penerapan pakem untuk meningkatkan hasil belajar PKn materi pokok pemerintahan pust dan pemerintahan daerah kelas VI MI Bustanul Ulum Pakisaji Malang / Nugroho Dwi Cahyono. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci PAKEM hasil belajar PKn MI Pembelajaran PKn di kelas VI MI Bustanul Ulum menunjukkan bahwa 1) Pembelajaran yang diterapkan guru masih bersifat klasikal 2) Aktivitas belajar siswa tampak pasif karena pembelajaran masih berpusat pada guru. 3) Hasil belajar siswa masih jauh dibawah kriteria ketuntasan minimal (KKM). Tujuan diadakan penelitian ini untuk 1) Mendeskripsikan penerapan PAKEM yang dapat meningkatkan hasil belajar PKn pada Materi Pokok Pemerintahan Pusat dan Pemerintahan Daerah Kelas VI MI Bustanul Ulum Kecamatan Pakisaji Kabupaten Malang 2) Mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa Kelas IV MI Bustanul Ulum Kecamatan Pakisaji Kabupaten Malang dalam mata pelajaran PKn Materi Pokok Pemerintahan Pusat dan Pemerintahan Daerah setelah penerapan PAKEM. Untuk mengatasi permasalahan tersebut diperlukan alternatif pembelajaran yang mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Salah satu pembelajaran yang dapat menjadi solusi permasalahan tersebut yaitu dengan menerapkan PAKEM. Penerapan PAKEM pada penelitian ini menggunakan variasi kegiatan antara lain kuis berhadiah diskusi kelompok bermain di luar kelas turnamen dan kesimpulan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif model penelitian tindakan kelas dengan rancangan siklus yang dikembangkan Kemmis dan MC Taggart dan dilaksanakan dalam 3 siklus bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan 1) penerapan PAKEM mengaktifkan siswa baik secara fisik maupun emosionalnya mengembangkan kreatifitas untuk merancang atau membuat sesuatu efektif untuk mencapai tujuan pembelajaran serta menyenangkan bagi siswa 2) adanya peningkatan hasil belajar PKn materi pokok pemerintahan pusat dan pemerintahan daerah di kelas VI MI Bustanul Ulum dari 57 1 pada siklus I meningkat menjadi 71 2 pada siklus II dan akhirnya menjadi 91 1 pada siklus III. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disimpulkan bahwa penerapan PAKEM pada materi pokok pemerintahan pusat dan pemerintahan daerah di MI Bustanul Ulum Pakisaji Kabupaten Malang dapat meningkatkan hasil belajar. Disarankan kepada guru agar menggunakan model PAKEM dalam pembelajaran PKn di SD/MI.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Jan 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103421

Actions (login required)

View Item View Item