Peningkatan keterampilan menulis narasi melalui pembelajaran kontekstual di kelas III di SDN Pakunden 2 Kecamatan Sukorejo Kota Blitar / Septyani Kharisma Prathama - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan keterampilan menulis narasi melalui pembelajaran kontekstual di kelas III di SDN Pakunden 2 Kecamatan Sukorejo Kota Blitar / Septyani Kharisma Prathama

Prathama, Septyani Kharisma (2011) Peningkatan keterampilan menulis narasi melalui pembelajaran kontekstual di kelas III di SDN Pakunden 2 Kecamatan Sukorejo Kota Blitar / Septyani Kharisma Prathama. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci menulis narasi pembelajaran kontekstual. Berdasarkan studi pendahuluan ada beberapa permasalahan dalam pelaksanaan pembelajaran Bahasa Indonesia tentang menulis narasi di SDN Pakunden 2 Kecamatan Sukorejo Kota Blitar diantaranya (1) pelaksanaan pembelajaran masih bersifat konvensional guru lebih aktif sementara siswa cenderung pasif (2) pembelajaran kurang menarik dan kurang menyenangkan bagi siswa karena metode yag digunakan guru kurang sesuai dengan minat siswa dan (3) guru kurang kurang mengoptimalkan kompetensi yang dimiliki siswa dalam mengembangkan keterampilan menulis narasi. Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran kontekstual dalam meningkatkan keterampilan menulis narasi dan (2) mendeskripsikan seberapa jauh penerapan pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan keterampilan menulis narasi siswa kelas III di SDN Pakunden 2 Kecamatan Sukorejo Kota Blitar. Penelitian yang dilakukan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Jenis penelitian ini bersifat siklis artinya Penelitian Tindakan Kelas terikat siklus sebagai prosedur baku penelitian. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Tiap siklus dilaksanakan dengan tahapan sebagai berikut (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) observasi dan (4) refleksi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara observasi dan tes. Teknik analisis data adalah analisis data kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan keterampilan menulis narasi siswa yaitu pada aspek penggunaan ejaan diperoleh pada tahap pra tindakan rata-rata nilai siswa 69 19% pada siklus I naik menjadi 73 51% dan pada siklus II naik menjadi 81 90%. Sehingga kenaikan yang diperoleh dari pratindakan sampai siklus ke II pada aspek penggunaan ejaan adalah sebesar 12 71%. Pada aspek isi hasil yang dicerita yag meliputi ide atau gagasan keruntutan cerita dan kemenarikan cerita diperoleh pada tahap pra tindakan rata-rata nilai siswa 72 97% pada siklus I naik menjadi 76 22% dan pada siklus II naik menjadi 81 08%. Sehingga kenaikan yang diperoleh dari pratindakan sampai siklus ke II pada aspek isi adalah sebesar 8 11%. Pada aspek keterpaduan cerita antar paragraf terkait dengan jalan cerita (alur) hasil yang diperoleh pada tahap pra tindakan rata-rata nilai siswa 56 76% pada siklus I naik menjadi 81 25% dan pada siklus II naik drastis menjadi 91 90%. Sehingga kenaikan yang diperoleh dari pratindakan sampai siklus ke II pada aspek keterpaduan jalan cerita antar paragraf adalah sebesar 35 14% Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini yaitu dengan menggunaan pembelajaran kontekstual dalam pembelajaran terbukti dapat meningkatkan keterampilan menulis narasi siswa kelas III. Maka disarankan menggunakan pembelajaran kontekstual dalam pembelajaran Bahasa Indonesia untuk meningkatkan keterampilan menulis narasi siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Jan 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103420

Actions (login required)

View Item View Item