Listiani, Resti (2017) Implementing Numbered Collaborative Strategic Reading (NCSR) to improve the eighth graders' reading comprehension / Resti Listiani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Listiani Resti. 2017. Penerapan Numbered Collaborative Strategic Reading (NCSR) untuk Meningkatkan Pemahaman Membaca Siswa kelas VIII. Skripsi Jurusan Bahasa Inggris Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Andi Muhtar M.A. (II) Dra. Sri Andreani M.Ed. Kata Kunci pemahaman membaca strategi numbered collaborative strategic reading. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman membaca siswa dalam memahami teks naratif melalui strategi numbered-collaborative strategic reading (NCSR). Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 2 Malang karena hanya terdapat 5 dari 32 siswa atau sekitar 15 6% dari seluruh siswa di kelas yang lolos dari batas nilai minimal pada tes membaca 1 sebagai tes permulaan. Hasil observasi dan wawancara dengan guru bahasa inggris menunjukkan bahwa guru biasa menggunakan cara tradisional dalam kegiatan belajar-mengajar. Akibatnya siswa menjadi pasif dan memiliki pemahaman membaca yang rendah. Untuk mengatasi masalah tersebut peneliti menerapkan strategi NCSR yang dapat meningkatkan partisipasi dan pemahaman siswa. Strategi NCSR terdiri dari 6 langkah yaitu (1) Numbering / penomoran yaitu siswa dikelompokkan ke dalam sebuah kelompok yang terdiri dari 4 siswa kemudian setiap siswa dalam kelompok diberikan nomor dari 1-4 sebagai nomor identitas mereka masing-masing (2) Giving Roles / pembagian peran dimana setiap anggota kelompok diberikan satu peran khusus beserta tugas dan tanggungjawab yang harus mereka laksanakan dalam diskusi kelompok peran khusus tersebut antara lain Leader Clunk Expert Gist Expert dan Question Expert (3)Preview siswa mengungkapkan gagasan dan prediksi tentang teks yang akan mereka baca dipimpin oleh leader (4) Click and Clunk siswa mengidentifikasi kata-kata sulit yang ditemukan di dalam teks bacaan dipimpin oleh Clunk Expert yang bertugas untuk mendefinisikan kata-kata sulit tersebut (5) Get the Gist siswa mengidentifikasi informasi-informasi penting terkait dengan ide pokok cerita dipimpin oleh Gist Expert dan (6) Wrap Up siswa meninjau pemahaman mereka kembali tentang teks bacaan dan membuat suatu kesimpulan dengan kalimat mereka masing-masing dipimpin oleh Question Expert. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas model Kemmis Mc Taggart (1988). Penelitian ini dilaksanakan dalam satu siklus yang terdiri dari empat tahapan perencanaan penerapan pengamatan dan refleksi. Siklus ini terdiri dari dua pertemuan. Subyek penelitian meliputi 32 siswa dari kelas VIII G di SMPN 2 Malang tahun ajaran 2015/2016. Peneliti menggunakan beberapa instrumen pengumpulan data antara lain 2 tes membaca catatan dan kuisioner. Kriteria kesuksesan penelitian ini yaitu minimal 70% siswa di kelas mendapat nilai paling sedikit 15 poin lebih tinggi dari nilai tes sebelumnya dan minimal 80% siswa di kelas menunjukkan respon positif terhadap penerapan strategi NCSR. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 23 dari 32 siswa atau sekitar 72% siswa di kelas dapat menaikkan nilai merkea 15 poin atau lebih tinggi pada nilai tes membaca kedua dan 29 dari 32 siswa atau sekitar 92 5% siswa memberi respon positif terhadap penerapan strategi NCSR. Berdasarkan data temuan dapat disimpulkan bahwa strategi NCSR terbukti mampu meningkatkan pemahaman siswa terhadap teks naratif dan sebagian besar siswa menunjukkan respon positif terhadap penerapan strategi NCSR. Selain itu disarankan kepada guru bahasa inggris untuk menggunakan numbered collaborative strategic reading (NCSR) sebagai salah satu strategi pembelajaran membaca di kelas karena strategi ini dapat membantu meningkatkan pemahaman membaca siswa secara berangsur-angsur. Bagi para peneliti selanjutnya disarankan untuk menerapkan strategi numbered collaborative strategic reading (NCSR) untuk mengajar jenis teks selain naratif untuk kelas dan jenjang pendidikan yang lainnya yang melibatkan lebih banyak pertemuan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 04 Apr 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/10342 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |