Peningkatan aktivitas dan hasil belajar perkalian bilangan dua angka dengan menggunakan model pembelajaran discovery pada kelas IVB SDN Penanggungan Malang / Lilik Nurhafidoh - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan aktivitas dan hasil belajar perkalian bilangan dua angka dengan menggunakan model pembelajaran discovery pada kelas IVB SDN Penanggungan Malang / Lilik Nurhafidoh

Nurhafidoh, Lilik (2011) Peningkatan aktivitas dan hasil belajar perkalian bilangan dua angka dengan menggunakan model pembelajaran discovery pada kelas IVB SDN Penanggungan Malang / Lilik Nurhafidoh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci aktivitas hasil belajar perkalian bilangan dua angka model pembelajaran discovery Berdasarkan hasil observasi pada pembelajaran rendahnya aktivitas dan hasil belajar perkalian bilangan dua angka di kelas IVB SDN Penanggungan Malang disebabkan pembelajaran yang dilakukan setiap hari kurang menarik. Kurang bervariasinya metode maupun kegiatan pembelajaran ini berdampak pada minimnya pemahaman konsep siswa terutama konsep dasar perkalian dan teknik menyimpan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar perkalian bilangan dua angka dengan menggunakan model pembelajaran discovery pada kelas IVB SDN Penanggungan Malang. Dalam model ini siswa menemukan konsep sendiri. Guru hanya sebagai pembimbing dan fasilitator. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IVB SDN Penanggungan Malang dengan jumlah 40 siswa. Teknik pemgumpulan data menggunakan observasi wawancara dokumentasi dan tes. Sedangkan instrumen penelitiannya menggunakan lembar observasi pedoman wawancara lembar penilaian proses Lembar Kegiatan (LK) lembar observasi penilaian proses soal evaluasi perkembangan individu. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar perkalian bilangan dua angka pada kelas IVB SDN Penanggungan Malang. Pada siklus 1 hasil belajar siswa 62 5%. Pada siklus 2 hasil belajar siswa naik menjadi 80%. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan sebesar 17 5%. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa penerapan model discovery berhasil diterapkan pada siswa kelas IVB SDN Penanggungan Malang untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar. Disarankan bagi peneliti lain penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan dan acuan dalam penelitian selanjutnya sehingga hasilnya dapat dijadikan pedoman dan pengembangan profesi dan meningkatkan prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Jan 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103419

Actions (login required)

View Item View Item