Penerapan pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan hasil belajar PKn kelas V SDN Beji II Kecamatan Beji Kabupaten Pasuruan / Sufa'at - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan hasil belajar PKn kelas V SDN Beji II Kecamatan Beji Kabupaten Pasuruan / Sufa'at

Sufa'at (2011) Penerapan pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan hasil belajar PKn kelas V SDN Beji II Kecamatan Beji Kabupaten Pasuruan / Sufa'at. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Penerapan Inkuiri Prestasi belajar PKn SD PKn merupakan pelajaran yang memegang peranan penting karena berhubungan dengan sikap atau mental anak dimasa datang. Model pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran PKn harus mencakup aspek kognitif afektif dan psikomotorik. Hasil observasi awal ditemukan bahwa siswa SDN Beji Ii Kecamatan Beji Kabupaten Pasuruan belum menerapkan model pembelajaran inkuiri. Sebagian siswa belum mampu mencapai kriteria ketuntasan kelas 80% dan ketuntasan individu 75 dari materi. Berdasarkan hal ini model pembelajaran inkuiri sangat tepat digunakan sebagai proses pembelajaran karena dapat mencakup aspek kognitif afektif dan psikomotorik.Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah 1) mendeskripsikan penerapan model pembelajaran inkuiri dalam pembelajaran PKn pada siswa kelas V SDN Beji Ii Kecamatan Beji Kabupaten Pasuruan Pasuruan 2) mendeskripsikan dampak penerapan model pembelajaran inkuiri terhadap aktifitas dan partisipasi siswa kelas V SDN Beji Ii Kecamatan Beji Kabupaten Pasuruan 3) mendeskripsikan peningkatan prestasi belajar PKn pada pokok bahasan kesatuan NKRI melalui model pembelajaran inkuiri. Penelitian ini menggunakan metode Deskriptif dengan 2 (dua) siklus. Masing-masing siklus terdiri atas tahapan Perencanaan Pelaksanaan Observasi dan Refleksi. Standar nilai ketuntasan minimal 75 dengan ketuntasan belajar 80% dari jumlah subyek penelitian.subyek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SDN Beji Ii Kecamatan Beji Kabupaten PasuruaN. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi wawancara dan tes. Instrument pengumpulan data yang digunakan berupa pedoman wawancara APKG II alat penilaian aktifitas belajar siswa pedoman observasi partisipasi siswa dalam inkuiri dan post test. Hasil penelitian bahwa peenerapan inkuiri dalam PKn mengalami peningkatan aktivitas pembelajaran.dampak dari pembelajaran inkuiri menjadikan siswa lebih berkembang keaktivitasannya dan dapat memecahkan permasalahan dalam pembelajaran PKn dengan penerapan model pembelajaran inkuiri dengan ketuntasan belajar kelas sudah tercapai 88 46%. Hasil penelitian ini menunjukkan penerapan model pembelajaran inkuiri pada pembelajaran PKn siswa kelas V SDN Beji Ii Kecamatan Beji Kabupaten Pasuruan dapat meningkatkan hasil belajar siswa terbukti dari hasil yang diperoleh siswa rata-rata pada pre test sebesar 57 3 meningkat pada post test siklus I sebesar 71 1 dengan ketuntasan belajar kelasnya sebesar 50 0 % dan kemudian meningkat menjadi 88 4. pada siklus II dengan ketuntasan belajar kelas sebesar 88 4 %. Pada siklus II telah tercapai ketuntasan belajar secara klasikal yaitu sudah mencapai standar ketuntasan yang ditentukan yaitu 75. Akan tetapi untuk ketuntasan individual masih ada 3 siswa yang belum mencapai ketuntasan individu karena pasif dalam belajar sehingga nilai yang didapat belum memenuhi kriteria ketuntasan belajar dan perlu diberikan program remedial. sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran inkuiri post test siklus I dan post test siklus II yang terus mengalami peningkatan.Saran yang disampaikan kepada guru yaitu agar dapat menerapkan model pembelajaran inkuiri pada pembelajaran PKn dengan kompetensi lain ataupun mata pelajaran lain. Model pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini juga dapat digunakan dalam penelitian-penelitian lain sebagai bahan bandingan sehingga dikemudian hari menjadi lebih baik. Dan diharapkan agar peneliti lain dapat mengembangkan pembelajaran agar menjadi lebih baik dan bagi tiga siswa yang belum tuntas dikarenakan broken home yang akibat sering dimarahi orang tua dan perceraian orang tuanya

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Jan 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103418

Actions (login required)

View Item View Item