Penerapan media asli untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas III SDN Gading Kasri pada pelajaran IPA materi penggolongan tumbuhan / Siti Nurhidayati - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan media asli untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas III SDN Gading Kasri pada pelajaran IPA materi penggolongan tumbuhan / Siti Nurhidayati

Nurhidayati, Siti (2010) Penerapan media asli untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas III SDN Gading Kasri pada pelajaran IPA materi penggolongan tumbuhan / Siti Nurhidayati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci IPA (SD) media asli aktivitas hasil belajar. Pembelajaran adalah suatu proses pemberian pengalaman dan penciptaan situasi belajar sehingga anak didik membelajarkan diri dan terjadi perubahan pada diri siswa. Berbagai media dan sumber belajar pun harus bisa dipilih mana yang tepat agar siswa dapat mengembangkan aktivitas belajar siswa dan dapat meningkatkan hasil belajarnya. Berdasarkan hal tersebut maka permasalahan yang diangkat oleh peneliti yaitu Penerapan Media Asli untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas III SDN Gading Kasri Malang Pada Pelajaran IPA Materi Penggolongan Tumbuhan. Tujuan penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah penerapan media asli untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas III SDN Gading Kasri (2) Bagaimanakah peningkatan aktivitas belajar IPA siswa SDN Gading Kasri setelah diterapkan media asli dan (3) Bagaimanakah peningkatan hasil belajar IPA siswa SDN Gading Kasri setelah diterapkan media asli . Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskripsi kualitatif dengan model penelitian tindakan kelas (PTK) model Mc. Taggart. Langkah PTK ini meliputi 2 siklus siklus tindakan pembelajaran dihentikan jika telah mencapai standar nilai standar minimal 70 dengan ketuntasan belajar kelas 80% dari jumlah subyek penelitian. Subyek penelitian dibatasi pada siswa kelas III SDN Gading Kasri yang berjumlah 35 siswa. Instrumen yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Sedangkan evaluasi yang dilakukan terfokus pada proses dan hasil dengan menggunakan teknik tes dan non tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media asli pada mata pelajaran IPA dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas III SDN Gading Kasri. Hal ini dapat dilihat pada aktivitas belajar yang terus meningkat dari siklus I pertemuan I dengan ketuntasan 48 57% menjadi 68 57 pada siklus I pertemuan II 74 28% pada siklus II pertemuan I dan 82 85% pada siklus II pertemuan II. Sedangkan nilai evaluasi siswa meningkat dari siklus I pertemuan I dengan ketuntasan 37 14% menjadi 68 57 pada siklus I pertemuan II menjadi 77 14% pada siklus II pertemuan I dan 88 57% pada siklus II pertemuan II. Berdasarkan hasil penelitian ini disimpulkan bahwa penerapan media asli untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas III SDN Gading Kasri Malang pada materi penggolongan tumbuhan dapat dilaksanakan dengan baik dan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Adapun kendala yang dihadapi adalah kesegaran bagian tanaman dan pengelolaan waktu. Disarankan kepada peneliti lanjutan untuk pembelajaran IPA yang mempergunakan tanaman sebagai media pembelajaran agar dapat mengkombinasikan dengan media pembelajaran yang lain seperti pengawetan tumbuhan media buatan dan alternatif lainnya sesuai dengan materi dan kondisi siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Nov 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103415

Actions (login required)

View Item View Item